Indonesia Jadi Negara Teratas di Asia dalam Index Pemulihan Covid-19, Begini Penjelasan Kemenkes

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Minggu 16 Januari 2022 18:22 WIB
Indonesia Jadi Negara Teratas di Asia dalam Index Pemulihan Covid-19, Begini Penjelasan Kemenkes
Indonesia jadi negara teratas di Asia dalam index pemulihan Covid-19. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Indonesia berada di urutan teratas di antara negara-negara Asia dalam hal index pemulihan Covid-19. Hal ini berdasarkan data yang dirilis pada 6 Oktober 2021.

Selain itu, jumlah kasus dan kematian Covid-19 di Indonesia juga terus mengalami penurunan. Sementara berdasarkan data dari John Hopkins University pada 12 September 2021 menjelaskan, penanganan Covid-19 di Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia.

"Sebab, Indonesia bisa melakukan penurunan Covid-19 yang sangat cepat dalam kurun waktu dua minggu," kata Siti Nadia dalam acara 'Indonesian Congress Symposium on Combating Covid-19 Pandemic Without Boundaries', Minggu (16/1/2022).

Selain itu, Siti Nadia juga menjelaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menargetkan minimal 40 persen masyarakat Indonesia mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19. Saat ini target tersebut sudah berhasil dipenuhi oleh Indonesia.ย 

"Indonesia masuk dalam lima negara yang sudah menyuntikan dalam hal jumlah dosis terbanyak. Bahkan, jumlah dosis satu yang sudah disuntikkan kepada masyarakat," kata dia.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini total vaksin yang diterima sebanyak 439.394 ribu. Artinya, Indonesia memiliki stok vaksin Covid-19 yang cukup dalam pelaksanaan vaksinasi primer maupun vaksinasi dosis lanjutan.


ย 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi