Indonesia Siapkan 1.500 Kendaraan Listrik di KTT G20, Gelar Simulasi Pengawalan dan Pengamanan Delegasi

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Minggu 13 November 2022 17:30 WIB
Indonesia Siapkan 1.500 Kendaraan Listrik di KTT G20, Gelar Simulasi Pengawalan dan Pengamanan Delegasi
Simulasi pengawalan dan pengamanan delegasi G20. (Foto: celebrities.id/Korlantas)

JAKARTA, celebrities.id – Indonesia akan melangsungkan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022. Demi mensukseskan gelaran ini, pemerintah telah mempersiapkan kendaraan listrik untuk kepala negara beserta delegasinya.

Bukan hanya untuk tamu negara, pihak pengamanan seperti Polri dan TNI juga akan menggunakan motor listrik dalam melakukan pengawalan dan pengamanan. Untuk mensukseskan gelaran tersebut, pihak kepolisian melakukan gladi utuh pasukan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dalam geladi ini terdapat 42 rangkaian kegiatan yang disimulasikan pengawalan dan penyambutan para kepala negara mulai dari tiba di lokasi hingga berpindah lokasi.

Dalam pelaksanaan KTT G20 di Bali, Dedi menuturkan Indonesia telah menyiapkan kendaraan listrik untuk mobilitas kepala negara dan delegasi serta peserta. Total ada 962 mobil, 454 motor, dan 41 bus listrik yang sudah disiapkan.

“Nantinya pada perhelatan puncak KTT G20 tanggal 15-16 November, di kawasan Nusa Dua Bali hanya kendaraan listrik saja yang diperbolehkan untuk beroperasi,” kata Dedi dalam keterangannya seperti dikutip dari laman Korlantas Polri, Minggu (13/11/22).

Dedi menuturkan bahwa penggunaan kendaraan listrik dalam KTT G20 di Bali adalah wujud komitmen Indonesia mendukung transisi energi menggunakan energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan.

“Selain kepala negara yang akan hadir dalam G20 nanti, sejumlah nama besar juga dikonfirmasi hadir dalam rangkaian kegiatan G20,” ujar Dedi.

Melakukan gladi utuh pasukan pengamanan VVIP juga perlu dilakukan untuk melihat kesiapan para personel dalam melakukan pengawalan dan juga mengoperasikan kendaraan listrik yang merupakan teknologi baru.

Geladi yang dilakukan di Hotel Apurva Kempinski Bali yang dilanjutkan di Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai, dan selanjutnya di Garuda Wisnu Kencana atau GWK disaksikan langsung oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Dilaksanakan geladi secara utuh oleh pasukan pengamanan VVIP di seluruh lokasi kegiatan KTT G20. “Dalam geladi ini, Menko Marvest Pak Luhut Binsar Pandjaitan meninjau langsung,” ucapnya.

Editor : Hadits Abdillah