Indonesia Tanggap Vaksin Covid-19, Menteri Kesehatan: Jangan Dulu Bereuforia

Novie Fauziah
Minggu 28 Maret 2021 11:27 WIB
Meskipun sudah ada vaksin, protokol kesehatan tetap harus dijaga. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah Indonesia menyikapi vaksin covid-19 cukup cepat. Hampir semua kalangan sudah bisa mendapatkan vaksin. Meski begitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta agar masyarakat tidak terlalu terburu-buru untuk bereuforia.

Menurutnya yang terpenting adalah tetap melakukan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan dalam pencegahan virus yang semakin cepat. Dia pun memberikan contoh dua negara di Eropa, Spanyol dan Portugal. Angka pasien dan kematian Covid-19 semakin tinggi.

"Memang penting kita menahan mobilitas karena terbukti ada negara Spanyol dan Portugal dari negara-negara Eropa. Kalau mereka tetap disiplin, jangan terlampau euforia," terangnya saat diskusi virtual Kementerian Kesehatan, Sabtu (27/3/21). 

"Gara-gara vaksin sudah mulai, kemudian melakukan segala macam. Akibatnya terjadi lagi nanti, akan capek. Akan letih publik kalau ini terus terjadi seperti itu," tambahnya.

Kemudian, Menkes Budi mengajak kepada masyarakat untuk mengendalikan mobilitas. Serta meminta agar masyarakat nersabar, hingga pandemi benar-benar terkendali atau terkontrol.

"Yuk kita kendalikan mobilitas kita, jangan terlalu tinghi dulu. Sampai nanti benar-benar pandemi ini sudah terkontrol," pungkasnya.

Editor : Endang Oktaviyanti