Contoh Indra Penikmat Cabang Seni Rupa, Apa Saja?

Bertold Ananda
Jumat 23 September 2022 16:42 WIB
Contoh Indra Penikmat Cabang Seni Rupa, Apa Saja?
Indra penikmat cabang seni rupa. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Seperti yang telah diketahui bahwa seni rupa merupakan sebuah mahakarya buatan  manusia yang bisa  dilihat dan diraba. Kedua unsur tersebut dapat diketahui dan dirasakan melalui indra penikmat cabang seni rupa yaitu penglihatan dan perabaan.

Lalu apa yang mendasari hal tersebut? Mari cari tahu lebih lanjut melalui ulasan satu ini. Berikut Celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Senin (19/09/2022) mengenai indra penikmat cabang seni rupa

2 Indra Penikmat Cabang Seni Rupa

Secara umum kamu perlu mengetahui bahwa seni rupa merupakan karena yang sangat spesial. Hal itu disebabkan karena hasil karya yang ditampilkan dapat dinikmati secara langsung oleh indra manusia.

Salah satu indra penikmat yang sangat berperan dalam cabang seni rupa yaitu penglihatan dan perabaan. Hal itu sangat berhubungan dan menjadi landasan utama yang perlu diketahui banyak orang dalam menciptakan suatu karya seni.

Indra Penikmat Penglihatan

Melalui indra penglihatan maka manusia dapat melihat secara jelas setiap detail-detail rangkaian dan struktur keindahan suatu karya seni rupa. Hal itu dapat diwujudkan dari pengeliatan secara visual melalui titik, garis yang presisi serta kecocokan warna suatu karya seni. Salah satu contoh seni rupa yang membutuhkan indra penikmat yaitu dalam proses pembuatan lukisan

Indra Penikmat Perabaan

Sementara  indra perabaan memiliki fungsi penting dan tentunya memiliki beberapa kelebihan, seperti bisa meraba, menyentuh suatu tekstur dan setiap lekukan  bentuk suatu karya seni rupa secara fisik. Contoh perlunya indra perabaan dalam suatu karya seni dilihat dari pembuatan patung, pahatan dll.
Hadirnya dua indra penikmat dalam cabang karya seni rupa ini dapat memaksimalkan serta menghasilkan karya seni rupa yang indah, ciamik dan bernilai. Semoga ulasan berikut ini dapat bermanfaat untuk Celeb Hitz.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi