Ingat! Malaikat Pencabut Nyawa Ada 3 Regu, Inilah Proses Azab Kubur

Ayuningtyas Notomihardjo
Sabtu 15 Januari 2022 23:36 WIB
Ingat! Malaikat Pencabut Nyawa Ada 3 Regu, Inilah Proses Azab Kubur
Ustadz Zaki Muhammad menjelaskan mengenai malaikat maut. (Foto: MNCTV)

JAKARTA, celebrities.id - Proses azab kubur sebelum masuk ke liang lahat ternyata sangat amat mengerikan. Dengan kehadiran malaikat maut, azab kubur menghampiri. Ini terjadi ketika wilayah pemakaman sudah tiada orang.

Hal ini terkandung dalam Alquran Surah As-Sajdah ayat 11 soal proses pencabutan nyawa. Dalam surah itu terkandung soal apapun yang hidup di dunia akan kembali kepada Allah SWT.

‎قُلۡ يَتَوَفّٰٮكُمۡ مَّلَكُ الۡمَوۡتِ الَّذِىۡ وُكِّلَ بِكُمۡ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمۡ تُرۡجَعُوۡنَ

Artinya: Katakanlah, Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan. (Surah As-Sajdah ayat 11)

“Mengikuti dari surah tersebut, sudah pasti siksa kubur itu ada. Akan ada banyak malaikat maut, tiga regu,” ujar Ustadz Zaki Muhammad, mengutip YouTube Channel MNCTV Official, Sabtu (15/1/2022).

Selain itu, Ustadz Zaki Muhammad juga menyebutkan cara malaikat mencabut nyawa hingga akhirnya Izrail yang melaksanakan kerjanya. Semua sesuai dengan perintah dari Allah SWT.

“Yang cabut nyawa dari ujung kaki hingga dengkul, lalu yang regu kedua sampai perut, yang ketiga itu ada yang mencabut sampai tenggorokan,” kata Ustadz Zaki Muhammad.

Ketika sudah memasuki yang terakhir, Malaikat Izrail baru masuk ke tahap penutupan. Namun, sebelum itu ada malaikat Jibril yang menunjukkan kemunculan dari arah sesuai perbuatan hamba tersebut semasa hidup di alam dunia.

Jika orang baik dan beramal soleh, maka malaikat Jibril akan muncul dari sisi kanan dengan membawa pesan cuplikan keindahan surga. Sebaliknya, jika datang untuk orang jahat keji dan pendusta akan menampilkan raut wajah yang suram.

“Baru yang terakhir itu malaikat Izrail bekerja, tapi sebelumnya dia mempersilahkan ada malaikat Jibril muncul. Kalau orang baik akan datang dari kanan, sebaliknya orang berlaku jahat akan didatangi malaikat Jibril dari arah kiri,” ujarnya.

Editor : Hadits Abdillah