Ingin Bisnis Makin Dikenal? Berikut Tips Ampuh Promosi Usaha di TikTok bagi Pemula

Icon CameraNisa Nurazizah
Kamis 24 November 2022 14:39 WIB
Ingin Bisnis Makin Dikenal? Berikut Tips Ampuh Promosi Usaha di TikTok bagi Pemula
Tips promosikan usaha lewat TikTok ala pengusaha Sayonara Dessert, Adriani Salwa Renita. (Foto: celebrities.id/Nisa Nurazizah)

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa tahun terakhir, aplikasi TikTok mencapai kepopulerannya di seluruh dunia. Potensi untuk mempromosikan usaha lewat aplikasi asal China itu pun terbuka lebar.

Tak bisa dimungkiri, kini aplikasi TikTok telah menjadi salah satu media promosi bisnis yang paling efektif. Jumlah pengguna aktif yang sangat besar, ditambah fitur share pada TikTok ternyata sangat mempermudah suatu konten mendapat views dari penggunanya. Hal itu tentunya sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis.

Kehebatan TikTok sebagai media promosi turut dirasakan oleh Adriani Salwa Renita. Dia adalan pemilik usaha Sayonara Dessert, sebuah bisnis produksi salad buah dan sando fruit (sandwich buah) di daerah Bekasi. 

Adriani mengaku bahwa sejak awal merintis Sayonara Dessert, dirinya telah mengoptimalkan penggunaan TikTok sebagai media promosi. Beberapa vidionya pun berhasil viral hingga meraih jutaan views.

“Dari awal banget itu aku bikin konten vidio sendiri, vidio kaya ‘A¬†Day in My Life’ sebagai pedagang gitu misalnya… sampai satu juta ya (jumlah views), di akun pribadi, dan itu yang viral,” ujar Adriani Salwa Renita kepada celebrities.id saat ditemui di studio Morning Update gedung iNews Tower Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tentunya, Adriani memiliki trik khusus dalam memanfaatkan TikTok untuk sarana promosi. Tips  ini juga dapat diaplikaskan bagi pelaku bisnis kecil untuk membuat promosinya berhasil di TikTok. 

Dibanding menggunakan akun bisnis, Adriani menyarankan untuk melakukan promosi awal di akun TikTok pribadi. Hal ini lantaran Tiktok akan cenderung memviralkan konten- konten vidio dari akun pribadi penggunanya. Sedangkan untuk akun-akun bisnis akan lebih didorong supaya menggunakan fitur iklan pada aplikasi.

“Viralnya itu di akun pribadi aku. Jadi kenapa di akun pribadi, aku kasih tau sedikit saran ya. Jadi kenapa TikTok gak ngeboost akun-akun professional (akun bisnis), ‘Kok kita gak pernah FYP’, ‘Kok kita gak pernah banyak yang nge like’, itu karena mereka (TikTok) ngeboost buat para pembisnis supaya promosi dengan bayar iklan ke mereka. Jadi kita kaya ‘Kok jualan aku gak pernah viral sih’, tapi giliran akun pribadi itu gampang banget viral, karena pasti TikTok tau kalau akun pribadi itu gak sepenting akun bisnis. Akun bisnis ini tuh didorong supaya promo atau iklan sama TikTok. Supaya perusahaan mereka dapat duit kalau kita masang iklan,” kata Adriani.

Pemahaman Adriani tentang bagaimana algoritma TikTok bekerja membuat promosi bisnisnya berhasil. Dia mengetahui cara kerja TikTok yang lebih mendorong akun bisnis menggunakan fitur iklan aplikasi. Sehingga, sedari awal dia memilih untuk rutin meng-upload di akun pribadi sebelum akhirnya membuat akun bisnis. 

“Jadi, makanya awalnya aku upload ke akun pribadi karena aku tau trik tentang algoritma sosial media kaya gitu. Jadi awalnya aku upload ke story sendiri, ke akun sendiri, baru ke akun bisnis gitu,” ujar Adriani.

Editor : Lisvi Padlilah