Ingin Coba Dunia Coffee Roaster? Harus Banyak Belajar dan Pengalaman

Icon CameraZahra Zakiyah
Kamis 17 November 2022 09:32 WIB
Ingin Coba Dunia Coffee Roaster? Harus Banyak Belajar dan Pengalaman
Harus banyak belajar dan pengalaman jika ingin jadi barista. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menjadi seorang coffee roaster yang handal tidak mungkin bisa secara instan, melainkan harus belajar agar memiliki pengalaman. Tak hanya itu, perhatikan juga segala tahap yang harus dilakukan.

Dengan memiliki pengalaman dan berproses, hal ini akan membantu untuk menghasilkan kopi yang lebih fresh dan segar. Pasalnya, seorang roaster dan harus pandai menyangrai kopi sendiri dan secara manual. 

"Jadi, butuh tahapan, butuh proses, butuh pengalaman, sehingga mau enggak mau orang harus belajar. Seorang roaster dia menyangrai kopi sendiri gitu, karena kopinya lebih fresh karena kita sendiri yang ngeroasting," ucap Budi, roaster dan barista trainer saat ditemui di acara Morning Update Inews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022).

Lebih lanjut Budi menjelaskan untuk menghasilkan rasa kopi yang lebih enak, maka roaster harus memiliki jam terbang yang banyak. Saat roaster melakukan secara berulang, maka semakin kopinya dapat dinikmati oleh orang banyak. 

"Ketika sudah memiliki jam terbang yang cukup, sudah sering melakukan hal yang sama berulang-ulang, maka hasilnya lebih enak, bisa dinikmati oleh orang banyak," ujar Budi.

Editor : Endang Oktaviyanti