Ingin Kulit Sehat Berseri? Coba Konsumsi 5 Makanan Terbaik Ini

Icon CameraKiki Oktaliani
Senin 14 November 2022 07:20 WIB
Ingin Kulit Sehat Berseri? Coba Konsumsi 5 Makanan Terbaik Ini
Kulit sehat bisa didapatkan dengan konsumsi makanan sehat. (Foto: celebrities.id/Instagram @boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Kulit sehat tidak harus didapatkan lewat produk kecantikan. Kulit sehat juga bisa didapat dengan mengonsumsi makanan terbaik, apa saja?

Ciri-ciri kulit sehat bisa dilihat dari tekstur kulit yang kenyal, tak ada jerawat dan garis halus, bercahaya dan segar, serta kulit yang terasa lembut dan halus. Tentu kondisi ini bisa membuat kepercayaan diri seseorang semakin bertambah.

Dilansir dari Healthline, Senin (14/11/2022), berikut lima makanan terbaik untuk kulit sehat.

Makanan terbaik untuk mendapatkan kulit sehat

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi.  Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit Anda.

Mendapatkan cukup lemak sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap lentur dan lembab.

Satu studi yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan lemak total yang tinggi — khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat — dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.  Kerusakan UV pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput dan tanda penuaan lainnya.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.  Kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan cukup vitamin E melalui diet mereka.

Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif jika dikombinasikan dengan vitamin C. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit.  Kulit Anda membutuhkannya untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang menjaga kulit tetap kuat dan sehat.

Kekurangan vitamin C jarang terjadi akhir-akhir ini, tetapi gejala umumnya meliputi kulit kering, kasar, dan bersisik yang cenderung mudah memar.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

 

1
/
2