Ingin Liburan ke Bali? Catat Aturan Baru yang Berlaku Mulai 24 Desember

Miftachul Chusna
Jumat 17 Desember 2021 23:17 WIB
Ingin Liburan ke Bali? Catat Aturan Baru yang Berlaku Mulai 24 Desember
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Foto: MPI/Aris)

DENPASAR, celebrities.id - Musim liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Bagi pelancong yang berencana datang ke Bali menggunakan transportasi udara, ada sejumlah aturan baru yang diberlakukan mulai 24 Desember mendatang. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Herry AY Sikado mengatakan, akan dilakukan pembatasan pada masa Natal dan tahun baru (Nataru). "Ini guna memastikan keamanan dan kenyamanan di bandara," katanya usai pembukaan posko Nataru, Jumat (17/12/2021). 

Ada sejumlah ketentuan baru bagi pelaku perjalanan domestik dalam pembatasan itu. Penumpang yang hendak masuk dan keluar Bali wajib mengantongi sertifikat vaksin dosis lengkap (dosis kedua). Juga wajib melampirkan hasil tes antigen yang berlaku 1x24 jam.  

Untuk penumpang yang tidak vaksin dosis lengkap karena alasan medis maupun belum mendapatkan vaksin dosis lengkap, dilarang terbang ke Bali. 

Kemudian penumpang di bawah usia 12 tahun, wajib melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3x24 jam. Syarat ini juga berlaku bagi penumpang yang belum vaksin dosis lengkap karena alasan medis ditambah surat keterangan dari rumah sakit pemerintah. 

Aturan di atas berlaku pada musim Nataru sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. "Fokusnya kepada penerapan protokol kesehatan," ujar Herry. 

Guna menerapkan aturan itu, sejak hari ini dibuka posko monitoring angkutan Nataru di area terminal domestik. "Nantinya seluruh data dan laporan aktivitas transportasi Nataru dimonitoring dari posko ini," katanya.
 

Editor : Mohammad Saifulloh