Ingin Terbiasa Bangun Pagi? 7 Cara Ini Bisa Dilakukan, Salah Satunya Tidur Lebih Awal

Ratu Syra Quirinno
Sabtu 01 Mei 2021 07:41 WIB
Tidur lebih cepat bisa menjadi solusi bangun pagi. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id – Tidak sedikit orang yang kesulitan bangun pagi. Penyebabnya pun bermacam-macam, namun hal itu ada solusinya. Apa itu? 

Tidak dipungkiri, seseorang yang kesulitan bangun tidur akan mengganggu aktivitasnya. Bahkan, bisa memengaruhi konsentrasi dan suasana hati.

Susah tidur di malam hari dan bangun kesiangan dapat disebabkan banyak hal. Ini tentunya akan sangat memengaruhi kesehatan tubuh.

Dikutip dari laman Sleepadvisor, Sabtu (1/5/2021), berikut ini beberapa cara agar cepat tidur dan bisa bangun pagi dengan mudah.

1. Mulailah dengan bangun pagi secara bertahap

Jika Anda biasanya bangun jam 08.00 dan kemudian memutuskan besok ingin bangun lebih cepat lagi yakni jam 05.00, maka bisa jadi yang didapati adalah kegagalan. Sebaliknya, cobalah dengan cara bertahap, bangun 15 menit lebih awal setiap hari. Dalam seminggu saja dengan cara seperti ini maka akan dapat bangun lebih awal hampir dua jam.

2. Tidur lebih awal

Mulailah tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jam tidur yang cukup, dan tidak akan merasa terlalu mengantuk saat alarm berbunyi. Di malam hari jika Anda tidak merasa lelah untuk tidur, cobalah membaca beberapa halaman buku, terutama yang membosankan, dan Anda akan berada di alam mimpi dalam waktu singkat.

3. Setel jam alarm

Jika Anda sukar bangun secara alami di waktu yang ditentukan setiap pagi, maka perlu menyetel alarm. Disarankan meletakkannya di seberang ruangan, jadi Anda harus turun dari tempat tidur untuk mematikannya. Menyetel alarm dengan nada yang penuh inspirasi atau energik dapat membantu mendorong segera bangun dari tempat tidur.

 

1
/
2