Ini Bedanya Seni Peran di Film dengan Teater, Salah Satunya Ada di Teknis

Icon CameraWiwie Heriyani
Senin 09 Januari 2023 20:27 WIB
Ini Bedanya Seni Peran di Film dengan Teater, Salah Satunya Ada di Teknis
Podcast Aksi Nyata kupas perbedaan seni peran di film dengan teater. (Foto: celebrities.id/Youtube Partai Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Seni peran merupakan salah satu industri yang cukup digandrungi, melalui seni tersebut lahir berbagai jenis karya dalam berbagai bentuk, seperti film hingga teater. 

Meski begitu,  sutradara teater, Rinaldy Zulkarnain menyebut, baik film maupun teater tetap memiliki beberapa perbedaan. Terutama, dari segi tempat pertunjukkan atau platform hingga dari segi teknis. 

“Sebenarnya kalau secara esensi ya sama ya. Secara esensi, keaktoran, seni peran itu ya sama. Tapi memang karena platformnya beda, jadi yang banyak kita bedain itu penyampaiannya,” ujar Rinaldy, dalam Podcast Aksi Nyata, di Youtube Partai Perindo,  Senin, (9/1/2023).

Rinaldy memaparkan, dibanding teater, film lebih banyak melibatkan sisi teknis sehingga sang aktor tak perlu melakukan improvisasi yang banyak, baik dari segi gestur, ekspresi, hingga vokal. 

“Misalnya kalau di teater sama film nih, itu sebenarnya esensi keaktorannya tuh sama, cuma emang pengaplikasiannya. Jadi kalau di film itu karena ada bantuan pake kamera, bantuan efek dan segala macem, jadi gesturenya cukup kecil, dan mikro expression, udah gitu volume suara juga gak usah bulet-bulet banget,” katanya.

“Sedangkan kalau di teater tujuan kita kan menyampaikan informasi ke penonton paling belakang, jadi gesture harus gede, ekspresi harus total, dan vokal juga harus bulet banget. Jadi sebenernya pengaplikasiannya aja yang beda. Tapi sebenernya dari esensi keaktorannya itu masih sama,” tuturnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2