Ini Deretan Musik yang Mengiringi Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Lagu Kebangsaan hingga Lagu Favorit Mendiang

Wiwie Heriyani
Senin 19 September 2022 17:23 WIB
Ini Deretan Musik yang Mengiringi Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Lagu Kebangsaan hingga Lagu Favorit Mendiang
Ratu Elizabeth II dikebumikan hari ini. (celebrities.id/nytimes)

JAKARTA, celebrities.id - Pemakaman Ratu Elizabeth II berlangsung pada Senin pagi, (19/9/2022). Pemakaman sang Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey, di mana peti mati Ratu akan tiba di biara pada pukul 11 pagi yang akan diiringi dengan mengheningkan cipta selama dua menit.

Lantas, Himne apa yang akan dinyanyikan pada pemakaman Ratu Elizabeth II pada hari ini? Belum diketahui secara pasti himne apa yang akan ditampilkan sebagai iringan dari prosesi pemakaman Ratu. 

Namun, sepertinya hymne 'The Lord's My Shepherd' akan dibawakan, karena ini adalah himne favorit Elizabeth. Hymne favorit lain yang mungkin ditampilkan adalah 'Praise, My Soul, The King of Heaven'. Pilihan lain yang kemungkinan akan dibawakan yakni termasuk lagu kebangsaan, 'Jerusalem' dan ‘I Vow to Thee, My Country'.¬†

Selain itu, ada beberapa musik yang diperkirakan akan ditampilkan dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. Pada ulang tahun Ratu yang ke-90 di tahun 2016, daftar musik favoritnya dirilis, yakni menampilkan campuran musik klasik, nomor teater musikal, dan hymne tradisional. 

Beberapa favorit Elizabeth yang mungkin ditampilkan di pemakamannya meliputi:

1. Sing (Gary Barlow and the Commonwealth Band featuring the Military Wives)
2. The White Cliffs of Dover (Vera Lynn)
3. Milanollo Regimental March (Quick March of the Coldstream Guards)

Ketua paduan suara Westminster Abbey James O'Donnell dipastikan akan bertanggung jawab atas musik dan memimpin paduan suara Westminster Abbey di pemakaman Ratu Elizabeth II. 

Iringan Pawai pemakaman Ratu Elizabeth II

Pawai pemakaman akan dimainkan selama prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II oleh band HM Royal Marines. Daftar pawai pemakaman yang akan dimainkan termasuk oleh Mendelssohn dan Chopin, ditambah tiga dari Beethoven's B flat minor Funeral Marches. 

Band-band ini juga akan memainkan pawai pemakaman yang disebut 'Regrets' oleh musisi militer dan pemimpin band Charles Panne (1853-1871). Pilihan Quick Marches akan dibawakan oleh band-band yang berbaris di sepanjang rute prosesi pemakaman.

Kemudian di Wellington Arch, di mana peti mati sang Ratu akan dipindahkan dari kereta seremonial ke State Hearse sebelum perjalanan terakhirnya ke Windsor, Royal Marines Band akan memainkan musik medley. 

Mulai dari potongan musik 'Jerusalem',  lagu 'David of the White Rock', 'Isle of Beauty' dan 'Minstrel Boy', ditambah 'Supreme Sacrifice', beberapa lagu himne yang sering dimainkan oleh band-band militer.

Editor : Hadits Abdillah