Ini Faktor Ibu Melahirkan Caesar dan Dampak bagi Kesehatan Bayi

Icon CameraGiffar Rivana
Kamis 06 April 2023 21:15 WIB
Ini Faktor Ibu Melahirkan Caesar dan Dampak bagi Kesehatan Bayi
Ini faktor ibu melahirkan caesar dan dampak bagi kesehatan bayi. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Selama dua dekade terakhir, banyak kaum hawa memilih jalur caesar saat ingin melahirkan anaknya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, Ariani Dewi Widodo mengungkapkan faktor utamanya, disebabkan karena keamanan dan meragukan keselamatan dari lahiran normal. 

Padahal, melalui persalinan normal bisa berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang bayi kedepannya.

"Kalau lahir secara caesar, bakterinya semakin tidak variatif. Bakteri baik ya sudah tidak punya banyak tempat," kata Dokter Ariani saat webinar Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar, Rabu (5/4/2023).

Selain itu, masalah pada ibu yang tidak memiliki kesehatan memadai juga menjadi faktor banyaknya bayi yang lahir secara caesar.

"Karena faktor keamanan atau keselamatan, misalnya ibunya punya masalah medis yang berat," ucap Dokter Ariani lagi.

Padahal, anak yang lahir caesar tak dipungkiri akan rentan terkena penyakit karena tidak memiliki mikrobiota yang baik pada tubuhnya, dikarenakan operasi caesar yang dilakukan.

Ciri-ciri anak yang tidak memiliki mikrobiota baik dalam tubuhnya, akan rentan terkena dysbiosis yang merupakan gangguan keseimbangan mikrobiota pada usus, yang umumnya diakibatkan oleh kekurangan atau kelebihan nutrisi pada tubuh.

"Anak yang lahir caesar, secara tidak langsung meningkatkan resiko masalah kesehatan di masa depan. Terutama pada imunitas dan tumbuh kembangnya," tutur Dokter Ariani.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.