Ini Hal yang Harus Dilakukan Pemerintah untuk Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Berikan Diskon Khusus

Icon CameraSyifa Fauziah Ramadhani
Jumat 30 September 2022 19:48 WIB
Ini Hal yang Harus Dilakukan Pemerintah untuk Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Berikan Diskon Khusus
Agus Purwadi menjelaskan hal yang harus dilakukan pemerintah untuk konversi kendaraan listrik. (Foto: celebrities.id/Syifa Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah menggalakkan penggunaan kendaraan listrik agar mengurangi polusi. Hal itu sudah menunjukkan sisi positif, terlihat dari beberapa perusahaan otomotif yang merilis kendaraan listrik-electric vehicle (EV).

Ketua Laboratorium Konversi Energi Listrik Institut Teknologi Bandung, DR. Ir. Agus Purwadi MT mengatakan hal yang harus dipersiapkan pemerintah adalah melakukan alokasi anggaran. Sebab hal itu juga yang dilakukan oleh beberapa negara maju.

“Kita bisa bayangkan negara berpenghasilan di atas kita itu mensubsidi kendaraan listrik untuk masyarakatnya,” ujarnya dalam Webinar Perindo, Jumat (30/9/2022).

Dia pun mencontohkan negara Korea saat membeli kendaraan motor mensubsidi masyarakatnya 50 persen dari harga asli. Apalagi kini dia melihat di Indonesia kendaraan listrik sudah over supplay.

“Produsen terbirit-birit memproduksi kendaraan. Bahkan ada yang inden hingga satu tahun, itu menurut kami pas timingnya. Kalau bisa pemerintah mensubsidi harga belinya seperti yang dilakukan negara maju. Tapi juga disesuaikan dengan kemampuan fiskal,” tuturnya.

Menurut Agus, melakukan subsidi pada kendaraan listrik kedepannya hal yang baik dan tepat sasaran daripada harus impor uang keluar negeri. 

“Mending subsidi listrik daripada BBM. Karena jadi emisi yang cukup berdampak. Kini jd over supply jadi bisa dilakukan. Di negara lain dilakukan nggak ada masalah apapun karena ujungnya melihat semua sistem efeknya,” katanya.

Editor : Hadits Abdillah