Ini Hasil Uji Tabrak Toyota bZ4X, Mobil Listrik Anyar yang Dibanderol Rp1 Miliar

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Jumat 18 November 2022 20:59 WIB
Ini Hasil Uji Tabrak Toyota bZ4X, Mobil Listrik Anyar yang Dibanderol Rp1 Miliar
Ini Hasil Uji Tabrak Toyota bZ4X, Mobil Listrik Anyar yang Dibanderol Rp1 Miliar. (Foto:celebrities.id/Toyota.Astra)

JAKARTA, celebrities – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) belum lama ini merilis mobil listrik premium yang bernama bZ4X. Mobil listrik mewah dengan beraneka fitur canggih tersebut dibanderol dengan harga Rp1,190 miliar On The Road Jakarta.

Harga yang cukup mahal tersebut disesuaikan dengan kapasitas baterai dan motor penggerak listrik yang tersemat pada bZ4X. Selain itu terdapat pula fitur-fitur yang terdapat di dalam mobil itu untuk menunjang keselamatan pengendara dan penumpang.

Oleh karena itu, tak heran jika Toyota bZ4X mendapatkan nilai sempurna pada uji tabrak European New Car Assesment Programme (Euro NCAP). Pengujian ini sudah diakui di tingkat internasional sehingga mobil yang lolos uji dapat dipasarkan secara global.

Dikutip dalam laman Euro NCAP, Jumat (18/11/2022) Toyota bZ4X mendapatkan bintang lima setelah melakukan serangkaian pengujian. Dalam tes tersebut, bZ4X mendapatkan nilai 88 persen untuk openumpang dewasa, 87 persen untuk penumpang anak-anak, 79 persen untuk pejalan kaki, dan 91 persen untuk pendukung keselamatan.

Pengujian yang dilakukan adalah melakukan tabrak depan, yang mana mobil melaju dengan kecepatan 64 km/jam. Lalu ada juga tabrak samping dan juga tabrak belakang untuk melihat respon dari airbag serta posisi penumpang.

Sedangkan untuk perlindungan pengguna jalan atau pejalan kaki, uji coba dilakukan saat pengemudi lengah ketika ada orang yang sedang menyeberang. Safety assists akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari tabrakan.

Toyota bZ4X sendiri sudah dirancang denga Toyota New Global Architecture (e-TNGA) yang diklaim ramah lingkungan. Selain itu, tersemat fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang.

 

1
/
2