Ini Hukum Makan Hewan Buruan yang Ditembak dengan Senapan Angin, UAS Paparkan Dua Pendapat Ulama

Sri Lestari Rahayuningtyas
Rabu 01 Juni 2022 07:38 WIB
Ini Hukum Makan Hewan Buruan yang Ditembak dengan Senapan Angin, UAS Paparkan Dua Pendapat Ulama
Ustadz Abdul Somad ungkap pendapat ulama tentang hukum makan hewan buruan. (Foto: celebrities.id/Instagram @ustadzabdulsomadofficial)

JAKARTA, celebrities.id - Hukum memakan hewan buruan atau mangsa yang terkena senapan angin harus diketahui umat Islam. Hal itu penting karena menyangkut hukum halal dan haram makanan yang akan dikonsumsi.

“Apa hukumnya memakan mangsa yang terkena tembak senapan angin? Yang pertama membolehkan, asal peluru dia tajam dan dengan mengucapkan bismillah atas nama Allah SWT,” kata Ustadz Abdul Somad (UAS), mengutip dari video TikTok @bismillah_tawakaltu232, Rabu (1/6/2022).

Selain itu, ada pula pendapat ulama yang tidak memperbolehkan memakan mangsa tersebut dengan alasan tertentu. 

“Kedua tidak memperbolehkan karena pelurunya dianggap tumpul atau terlalu cepat segera mati tak sempat diucap atas nama Allah,” kata Ustadz kelahiran Silo Lama, Sumatera Utara tersebut.

“Atau bisa jadi dengan menggunakan anjing pemburu yang sudah dilatih. Tapi harus benar, andai kata salah kalimat perintah, malah digigit mangsanya kan kena najis, itu gak lulus uji anjing pemburu,” ujar Ustadz yang kini menjajaki usia 45 tahun tersebut.

Ustadz Abdul Somad sendiri lebih condong pada pendapat yang pertama. 

“Makanya, kalau saya termasuk yang memperbolehkan karena dulu waktu saya kuliah pernah berburu burung dengan senapan angin,” kata Ustadz Abdul Somad.

Editor : Endang Oktaviyanti