Ini Penyebab Umum Pasangan Memutuskan Tidak Ingin Punya Anak 

Siska Permata Sari
Senin 06 September 2021 14:35 WIB
Ini Penyebab Umum Pasangan Memutuskan Tidak Ingin Punya Anak 
Child-free marriage sendiri merupakan keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Istilah child-free belakangan ramai diperbincangkan masyarakat. Child-free marriage sendiri merupakan keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan.

Terkait fenomena child-free yang sempat ramai dibahas di media sosial, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo turut menanggapi. Dia menguraikan penyebab seseorang atau pasangan memilih tidak ingin memiliki anak. 

Penyebabnya, kata dia, dapat digolongkan dalam dua klaster besar. Pertama, adalah pilihan atau keinginan sendiri. Lalu kedua, karena suatu akibat, misalnya seperti faktor kesehatan atau faktor lain yang tidak diketahui sehingga membuat pasangan tidak dapat memiliki anak.

“Kedua penyebab ini meliputi berbagai aspek. Mulai dari kondisi fisik, psikologis, ekonomi, sosial, dan budaya,” kata Hasto Wardoyo, dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Senin (6/9/2021).

Selain itu, tak menutup kemungkinan juga bahwa keputusan child-free berasal dari ketakutan akan proses kehamilan maupun melahirkan yang dapat mendorong seseorang untuk mengambil keputusan tidak memiliki anak.

 

1
/
2