Ini Perbedaan Hybrid, PHEV dan BEV, Jadi Kekuatan Teknologi di Mobil Listrik

Tangguh Yudha
Minggu 12 Juni 2022 13:58 WIB
Ini Perbedaan Hybrid, PHEV dan BEV, Jadi Kekuatan Teknologi di Mobil Listrik
Perbedaan Hybrid, PHEV dan BEV, jadi kekuatan teknologi di Mobil Listrik. (Foto: Gnewscar)

JAKARTA, celebrities.id - Kemajuan teknologi membuat kendaraan melakukan inovasi. Salah satunya mobil listrik, di mana jenisnya berragam, mulai hybrid, PHEV dan BEV.

Tertarik memiliki mobil listrik? Celeb Hitz harus mengetahui perbedaan mobil listrik, antara lain hybrid, PHEV, dan BEV. Untuk lebih jelas, kali ini celebrities.id akan merangkum perbedaan mobil listrik hybrid, PHEV, dan BEV dilansir Nissan.co.id, Minggu (12/6/2022).

1. Hybrid Electric Vehicle

Jenis mobil listrik yang pertama adalah Hybrid Electric Vehicle (HEV). Mobil ini digerakkan oleh dua sistem, yaitu kolaborasi antara motor listrik dan bahan bakar. Mobil ini juga tidak memerlukan isi ulang listrik. Jadi ketika daya baterai habis, mobil ini akan mengandalkan energi yang diperoleh dari bahan bakar.

Mobil terbilang efisien dan hemat karena membagi pekerjaan pada dua sumber energi ini. Sebagian besar pekerjaan pergerakan mobil dikendalikan oleh energi dari bahan bakar. Sementara daya dari baterai digunakan untuk menjalankan fungsi sekunder pada mobil seperti fungsi AC, audio, dan lampu.

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) merupakan jenis mobil listrik yang bekerja dengan perpaduan energi dari baterai motor listrik dan bahan bakar. Mobil ini menggunakan energi dari bahan bakar pada mobil, baterai mobil PHEV bisa juga diisi dayanya dengan di-charge.

Ā 

1
/
2