Ini Spesifikasi Porsche 911 S, Mobil Klasik yang Tampil di Film Top Gun: Maverick

Andaru Danurdana
Senin 30 Mei 2022 13:30 WIB
Ini Spesifikasi Porsche 911 S, Mobil Klasik yang Tampil di Film Top Gun: Maverick
Ini spesifikasi Porsche 911 S. celebrities.id/Blomberg)

JAKARTA, celebrities.id - Kecepatan adalah tema utama yang tak bisa lepas dari film Top Gun: Maverick karya Joseph Kosinski. Oleh sebab itu, sang sineas pun memilih Porsche 911 S buatan 1973 sebagai mobil yang cocok untuk hadir dalam film laga tersebut.

Film Top Gun pertama terkenal berhasil menampilkan sebuah replika dari mobil Porsche 356 buatan 1958 untuk kendaraan utama aktor Kelly McGillis. 

Namun, untuk film Top Gun: Maverick, sutradara Joseph Kosinski tak mau sekadar menggunakan replika mobil, dia ingin menampilkan mobil sungguhan dengan kecepatan sungguhan.

Alhasil, Joseph memutuskan untuk menampilkan mobil Porsche 911 S edisi 1973, pinjaman dari seorang kolektor bernama Nick Psyllos asal San Diego. 

Menurut sang sutradara, mobil pilihannya ini memiliki desain yang tak lekang oleh waktu dan cocok dengan filmnya yang serba cepat.

“Penny (Jennifer Connelly) adalah orang yang serba cepat, jadi dia harus mengendarai mobil yang kelihatan gesit pula seperti Porsche jadul. Model 911 S dari tahun 1973 punya desain yang tak lekang waktu, menurutku,” ujarnya dilansir dari Bloomberg, Senin (30/5/2022).

Porsche 911 S buatan 1973 sendiri diketahui memiliki mesin 190 tenaga kuda dengan kapasitas 2,4 liter yang tentunya sesuai dengan kebutuhan serba-cepat Joseph. 

Selain itu, di samping transmisi Type 915 yang unik pada zamannya, mobil ini juga mempelopori varian spoiler dagu yang kemudian digunakan oleh semua lini Porsche 911.

Soal harga, tentunya mobil klasik ini cukup bikin geleng-geleng kepala rakyat jelata. Menurut John Wiley, penaksir harga mobil di Hagerty Automotive Intelligence, lini Porsche 911 S dibandrol dengan harga paling rendah sebesar 65 ribu dolar AS atau Rp945 juta di masa kini, itu juga belum termasuk harga tambahan.

“Apalagi kalau sudah masuk film, harganya bisa naik tujuh kali lipat,” ujarnya.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi