Inilah Alasan Harus Pakai Tabir Surya meski Cuaca Dingin Menurut Para Ahli

Wilda Fajriah
Rabu 17 November 2021 15:20 WIB
Inilah Alasan Harus Pakai Tabir Surya meski Cuaca Dingin Menurut Para Ahli
Alasan harus pakai Tabir Surya meskipun di cuaca dingin. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebritie.id - Ada satu hal harus menjadi pokok dalam perawatan kulit setiap orang atau rutinitas pagi yang mendasar, yaitu Tabir Surya. Tabir Surya bisa membantu melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya dan semua masalah kulit menyertainya.

Radiasi ini tidak terdeteksi oleh mata manusia dan bertanggung jawab atas banyak masalah kulit seperti terbakar sinar matahari, pigmentasi, warna coklat karena berjemur, hilangnya elastisitas kulit, tanda-tanda awal penuaan dan kanker kulit.

Sinar UV adalah bentuk radiasi elektromagnetik yang secara alami berasal dari matahari. Pada spektrum elektromagnetik, sinar UV memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya tampak, sehingga mata kita tidak dapat melihatnya.

Ada tiga jenis sinar UV yakni UVA (315-400 nm), UVB (280-315 nm), UVC (100-280 nm), dan masing-masing memiliki efek tersendiri pada kulit. Berkat lapisan Ozon kita, sinar UVC merupakan jenis sinar UV paling berbahaya diserap di atmosfer itu sendiri, sehingga tidak mencapai permukaan bumi.

UVB bertanggung jawab untuk sunburns, tanning & kanker kulit. UVB secara langsung mengganggu DNA kulit, yang memicu eritema matahari & menginduksi melanogenesis. Oleh karena itu, paparan radiasi UVB yang lama dapat menyebabkan produksi melanin yang berlebihan & peradangan.

UVA di sisi lain membentuk 95 persen dari sinar UV paling berbahaya yang mencapai bumi & menembus lebih dalam ke kulit daripada UVB. Mereka membentuk radikal bebas di kulit, yang bereaksi dengan DNA, protein dan lipid kulit.

 

1
/
2