Inilah Jumlah Asupan Kalsium yang Dibutuhkan Tubuh Manusia Tiap Hari, Bisa Cegah Osteoporosis saat Usia Tua

Muhammad Sukardi
Sabtu 06 Agustus 2022 08:52 WIB
 Inilah Jumlah Asupan Kalsium yang Dibutuhkan Tubuh Manusia Tiap Hari, Bisa Cegah Osteoporosis saat Usia Tua
Osteoporosis Mengintai Usia 30an. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Memastikan kadar kalsium dalam tubuh tercukupi dengan optimal akan menentukan kesehatan tulang Anda. Tapi sayangnya menurut studi terbaru, asupan kalsium masyarakat Indonesia masih sangat rendah yaitu 254 mg/hari. 

Padahal, kebutuhan kalsium harian itu ada di angka 1.000-1.200 mg/hari. Karena kurangnya asupan kalsium harian itu, menyebabkan tingginya masalah tulang di Indonesia. Menurut data Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), 41,8 persen pria dan 90 persen wanita Indonesia memiliki kepadatan tulang yang rendah. 

Tak hanya itu, 28,8 persen pria dan 32,3 persen wanita Indonesia mengalami osteoporosis. Berkaca dari kondisi tersebut, tidak heran kalau masyarakat Indonesia banyak yang menambahkan suplemen kalsium untuk memastikan asupan kalsium harian tercapai. Terlebih, bagi mereka yang asupan kalsium di bawah 1.000 mg/hari yang hanya mengandalkan dari menu diet harian.

"Dari 800-1.000 mg kalsium yang diperoleh dari asupan makanan harian, hanya 500 mg kalsium yang diserap ke tulang," kata Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Rumah Sakit Orthopedi Siaga Raya dr Isa An Nagib, SpOT(K), FICS, Sabtu (6/8/2022).

Bahkan, dilanjutkan dr Isa, per 100 gram asupan makanan misalnya brokoli, telur, salmon, dan almond, kalsium yang diserap hanya 50 mg. Kecil sekali, bukan? Karena itu, dr Isa menjelaskan, suplemen kalsium punya andil cukup penting untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian. Terlebih, pada orang dewasa kebutuhan kalsium hariannya itu 1.200 mg/hari.

"Suplemen kalsium saja hanya diserap 10-15% ke tulang. Namun, jika ditambah magnesium, vitamin K2 dan D3, maka penyerapan kalsium meningkat jadi 30-40 persen," ucapnya.

 

1
/
2