Inilah Negara yang Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19, dari Turki hingga Meksiko

Litbang MPI
Sabtu 22 Januari 2022 10:19 WIB
Inilah Negara yang Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19, dari Turki hingga Meksiko
Negara berikut ini mengalami lonjakan Kasus Covid-19. (Foto: Shuttertstock)

JAKARTA, celebrities.id - Varian baru virus Covid-19 yang diberi nama Omicron telah terdeteksi pada November 2021. Kasus baru ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, dan sejak penemuan pertamanya, jumlah pasien yang dideteksi terjangkit penyakit ini terus bertambah. 

Hingga saat ini, varian Omicron telah terdeteksi di lebih dari 80 negara di seluruh penjuru dunia. Bersamaan dengan ini, beberapa negara melaporkan adanya lonjakan kasus signifikan. Melansir berbagai sumber, Sabtu (22/1/2022) berikut ulasannya.

1. Turki

Jumlah kasus harian yang tercatat sejak masuknya varian Omicron di Turki terus meningkat. Melansir berbagai sumber, Kementerian Kesehatan Turki mencatat adanya lonjakan kasus sebanyak 77.722 kasus baru dan 145 kematian hanya dalam kurun waktu 24 jam pada Rabu 12 Januari 2022. 

Meskipun data kasus terus meningkat, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan bahwa varian baru ini akan mengurangi keparahan pandemi dikarenakan tingkat rawat inap pasien yang rendah. Ia mengatakan bahwa tingkat rawat inap hanya naik sebesar 10%, walaupun kasus harian melonjak hingga 4 kali lipat.

2. India

Setelah mengalami lonjakan kasus signifikan saat penyebaran varian Delta berlangsung beberapa waktu lalu, India masih harus menghadapi kasus serupa pada varian Omicron. 

Hingga Rabu 12 Januari 2022, negara ini telah melaporkan lebih dari 241.976 kasus baru. Di hari yang sama, terdapat 85 kematian akibat virus Covid-19 yang terjadi di negara ini. 

 

1
/
2