Instalasi Lorong Waktu Hadirkan Keindahan Batik Indonesia, Dongkrak Brand Lokal di Pasar Internasional

Icon CameraIlham Maulana
Minggu 20 November 2022 22:27 WIB
Instalasi Lorong Waktu Hadirkan Keindahan Batik Indonesia, Dongkrak Brand Lokal di Pasar Internasional
Instalasi Lorong Waktu hadir sebagai pelecut kreator batik lokal untuk bersaing di pasar internasional. (Foto: celebrities.id/Ilham)

JAKARTA, celebrities.id - Siapa bilang produk batik Indonesia batik tidak menarik. Di tengah ramainya brand asing, LAKON menghadirkan sebuah instalasi bertajuk ‘Lorong Waktu The Installation’ di Dialogue Art Space, Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan.

Bertemakan Lorong Waktu, pameran seni batik tersebut berkolaborasi dengan arsitek ternama Adi Purnomo atau disapa akrab pak Mamo. Instalasi seni dibuka mulai 18-27 November 2022.

Instalasi tersebut menceritakan sebuah perjalanan pelestarian budaya dari LAKON Indonesia yang telah berlangsung selama lebih dari 4 tahun.

“Lorong waktu ini sebenarnya 1 perjalanan menceritakan perjalanan lakon selama 4 tahun. Kalau saya melihat tahun pertama dan tahun kedua itu saatnya kami bereksplorasi, tahun ke tiga itu kami sudah mendalami dan tahun keempat dan kelima ini kami menjadi dewasa. Jadi biar orang lain melihat bawah di dalem lorong waktu ini ada perjalanan dan ada harapan juga,” kata Thresia Mareta selaku Founder LAKON Indonesia saat ditemui di DIA.LO.GUE ARTSPACE, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. 

Pak Mamo berhasil menata sebanyak 40 busana baik itu berupa gaun, blus, blazer, hingga rok menjadi instalasi seni unik dan bernilai mewah.  Tujuan dihadirkannya instalasi ini selain memamerkan karya batik dari berbagai desainer, juga ingin mendorong brand lokal untuk masuk ke pasar global.

“Tujuan dari lorong waktu ini kami sangat ingin mendorong brand lokal kita untuk bisa masuk ke pasar global. Kami juga pernah bekerjasama dengan kedutaan Prancis,” katanya.

Editor : Andre Purwanto