Intip Keindahan Pantai Karangtawulan di Tasikmalaya yang Miliki 2 Pulau Terluar, Berbatasan Langsung dengan Australia

Icon CameraMNC Media
Jumat 26 Mei 2023 20:03 WIB
Intip Keindahan Pantai Karangtawulan di Tasikmalaya yang Miliki 2 Pulau Terluar, Berbatasan Langsung dengan Australia
Pantai Karangtawulan di Tasikmalaya. (Foto: Nanang Kuswara/MNC)

TASIKMALAYA, celebrities.id – Pantai Karangtawulan terletak di wilayah Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelah timur pantai ini berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran, serta bagian selatan merupakan laut lepas Samudera Hindia menurut nelayan tak kurang dari satu jam perjalanan untuk sampai ke wilayah Australia.

Pantai Karangtawulan merupakan gunung karang yang memiliki keindahan pemandangan sangat eksotis, dengan dua gugusan pulau kecil menjadi pulau terluar perbatasan wilayah Indonesia yang berada di garis pantai Kabupaten Tasikmalaya. 

Sehingga dengan dua pulau kecil ini, menjadikan wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) perairan di sini menjadi lebih jauh.
Dikelola pemerintah bersama dengan masyarakat setempat yang cukup baik, Pantai Karangtawulan sangat terjaga keindahan dan kebersihannya serta sangat ramah lingkungan dengan suasana yang tentram dan damai. 

Tidak sedikit pengunjung yang menikmati berkemah di kawasan ini, hingga wisatawan yang hanya sekedar datang untuk menikmati sunrise atau sunset dari atas gunung karang ini.

Selain terdapat sejumlah gazebo dan tempat duduk yang menghadap laut lepas, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alamnya dengan duduk di atas rumput jepang yang bersih. Menikmati bekal yang dibawa dari rumah, ataupun makanan yang dijajakan dari sejumlah warung yang berada di sana. 

Mulai makanan ringan, hingga ikan bakar juga warga setempat menyediakannya di sejumlah warung yang telah tertata rapi tanpa mengganggu estetika dari kawasan Pantai Karangtawulan.

Namun, pengunjung harus ekstra hati-hati ketika bermain di atas gunung karang Pantai Karangtawulan ini. Pasalnya, jurang gunung karang di samping kanan dan kiri serta bagian depannya sangat berbahya jika sampai terjatuh. 

Terlebih, beberapa titik meski dinilai tidak terlalu rawan, sehingga tidak menggunakan pagar pembatas untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung. Di samping Pantai Karangtawulan ini, pengunjung sebenarnya juga bisa turun ke bawah menikmati pasir pantai kendati sangat tidak dianjurkan untuk berenang. 

Karena tingginya gelombang air laut sangat berbahaya, apalagi minimnya pengawasan dari penjaga kawasan objek wisata ini.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.