Intip Mal Layanan Publik di Kota Malang, Bisa Piknik sambil Urus Birokrasi Lho!

Avirista Midaada
Senin 03 Januari 2022 19:19 WIB
Intip Mal Layanan Publik di Kota Malang, Bisa Piknik sambil Urus Birokrasi Lho!
Warga Kota Malang mengakses layanan publik di Mal Alun-Alun Kota Malang. (Foto: MPI/Avirista Midaada)

KOTA MALANG, celebrities.id - Masyarakat Kota Malang kini dapat mengakses layanan publik sambil berwisata belanja dari sejumlah instansi pemerintahan. Hal ini setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meluncurkan mal layanan publik di lantai 3 Mal Alun-Alun yang berada tak jauh dari kawasan wisata.

Di lantai tiga pusat perbelanjaan ini, mal pelayanan publik dilengkapi belasan tenant instansi, dari dinas di lingkungan Pemkot Malang, seperti Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PM-PTSP), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kantor imigrasi, kantor pajak KPP Pratama, hingga Perumda Tugu Tirta yang menjadi BUMD pengelolaan air di Kota Malang.

Mengusung konsep mal, masyarakat bisa berbelanja sambil mengurus sejumlah layanan publik. Tak cuma itu, beberapa spot layanan ramah anak hingga ruang laktasi untuk ibu hamil menyusui juga disiapkan. 

Plt. Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang, Siti Mahmudah selaku penanggungjawab mal layanan publik menyebut, ada sejumlah layanan yang bisa didapatkan masyarakat di Mal Pelayanan Publik. Dimana masyarakat sambil berbelanja dan bersantai di pusat perbelanjaan, seluruh layanan mulai pembayaran pajak hingga pengurusan administrasi kependudukan dapat dilayani.

"Jumlah seluruh layanan ada 180 layanan. Total ada 14 tenant dari sebelumnya 11 tenant saja. Mulai pembayaran pajak, layanan keimigrasian, perizinan, hingga administrasi kependudukan," ucap Mahmudah saat resmikan mal pelayanan publik, pada Senin (3/1/2022) di Kota Malang. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menuturkan, pemberian mal pelayanan publik sebagai bagian dari pemberian pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat. 

“Ini bentuk komitmen kami untuk transparansi, untuk komitmen kami bahwa semua masyarakat kita berhak mendapatkan layanan yang terbaik dari ASN Kota Malang," ucap Sutiaji.

 

1
/
2