Intip Peternakan Kucing Sultan di Malang, Harganya Ada yang Capai Rp55 Juta per Ekor

Icon CameraAvirista Midaada
Minggu 20 November 2022 09:28 WIB
Intip Peternakan Kucing Sultan di Malang, Harganya Ada yang Capai Rp55 Juta per Ekor
Intip peternakan kucing sultan di Malang. (Foto: celebrities.id/Avirista Midaada)

KOTA MALANG, celebrities.id - Kucing sultan, begitulah satu definisi kata menggambarkan sejumlah kucing ras berharga mahal yang dimiliki Febrian Permana Putra, warga Malang. 

Pria berusia 32 tahun ini memiliki belasan indukan kucing - kucing dari ras Eropa dan Amerika dengan harga termurah untuk anakannya saja mencapai Rp5 juta per ekornya.

Ya, pria warga Desa Griya Amorf 13 D 21 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini mengawali bisnis ternak kucing dari hobinya memelihara kucing di tahun 2010. Sebuah kandang berukuran sekitar 6 x 4 meter di ruangan khusus pun telah disiapkan.

Kucing-kucing ini dimasukkan ke dalam kandang dengan pengawasan kamera CCTV khusus. Ruangan itu tertutup dan dilengkapi pendingin ruangan atau AC untuk menyetabilkan suhu. Sebuah televisi 32 inch yang bisa difungsikan pun turut terpasang di sudut ruangan.

Televisi itu kerap digunakan kucing-kucing dengan ras untuk sekedar mencari hiburan agar tidak stres. 

Perlakuan sedemikan rupa layaknya manusia memang tak masuk akal, tapi melihat jenis-jenis rasnya seperti Scootish Fold, British Shorthair, minskin, hingga Gaelic ras campuran hasil perkawinan silang Munchkin dengan Scottish Kits, rasanya hal itu wajar dilakukan agar kondisi kucing dan psikisnya tetap terjaga.

Febrian Permana Putra menyatakan, total ada 15 ekor indukan beragam ras kucing yang ia miliki saat ini. Kucing-kucing itu dikembangbiakkan dan hasilnya dijual untuk bisnisnya.

"Semuanya berawal dari hobi melihara kucing di tahun 2010. Dari hobi ini kok jadi menghasilkan, akhirnya update ke ras-ras yang lagi hits itu," ucap Febrian Permana.

Febrian mengaku ras Persia menjadi awal mula dia memelihara kucing di tahun 2010. Saat itu selain kucing kata Febrian hewan peliharaan lainnya seperti burung bahkan hingga ular sempat dia miliki. Namun seiring waktu ia memfokuskan diri pada kucing-kucing ras.

Dari memelihara kucing-kucing ras Persia itu sejumlah piala didapatkannya. Piala-piala itu juga menghasilkan pundi-pundi cuan dari hasil juara, tak hanya itu ia juga turut mengembangbiakkan kucing ras Persia yang dijualbelikan hingga menjadi bisnis barunya.

 

1
/
2