Intip Rumah Gorga, Salah Satu Kekayaan dari Adat Batak Toba

Litbang MPI
Sabtu 22 Januari 2022 10:22 WIB
Intip Rumah Gorga, Salah Satu Kekayaan dari Adat Batak Toba
Mengenal rumah Gorga, salah satu kekayaan adat Batak Toba. (Foto: Instagram @@samosirta)

SUMATERA UTARA, celebrities.id - Rumah Gorga dapat dijumpai di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Rumah ini termasuk dalam rumah adat Batak Toba

Umumnya rumah gorga berbentuk persegi panjang dengan banyak tiang penyangga. Selain itu, salah satu yang menjadi keunikan rumah ini adalah keharusan memiliki anak tangga dalam jumlah ganjil.  

Bagian atap rumah depan dan belakang rumah dibuat meruncing. G Malau dalam buku 'Dolok Pusuk Buhit' mengungkapkan, penataan seperti itu sebagai lambang bahwa di atas sana terdapat kekuatan yang harus dicari, dipedomani, dan dihormati. 

Sementara itu, bagian depan dibuat lebih panjang daripada belakang lantaran menjadi keyakinan penduduk setempat bahwa keturunan dari pemilik rumah gorga tersebut akan sukses.

Dilansir dari beragam sumber, Sabtu (22/1/2022) dinamakan rumah gorga karena rumah suku Batak ini dihiasi ukiran tradisional yang terdapat pada dinding rumah bagian luar. Gorga merupakan ukiran yang menjadi ciri khas dalam kebudayaan Batak. Bagi masyarakat Batak, ukiran gorga memiliki nilai-nilai simbolis dan magis.

 

1
/
2