Islam Melarang Bergunjing, Ini Bahayanya Menurut Mama Dedeh

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 27 Juni 2022 21:58 WIB
Islam Melarang Bergunjing, Ini Bahayanya Menurut Mama Dedeh
Mamah Dedeh dalam tausiahnya menjelaskan tentang bahaya ghibah alias bergunjing. (celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Ghibah sangat berbahaya, terutama bagi kaum hawa yang senang berkumpul saat arisan atau acara apapun.

Mamah Dedeh dalam tausiahnya menjelaskan tentang bahaya ghibah. Ustadzah yang memiliki nama lengkap Dede Rosidah ini ghibah sesat menyesatkan. 

“Janganlah ghibah bergunjing satu sama lain. Arisan mah dilarang. Kalo ada pernyataan gak ghibah gak gaul, Itu bahaya,” ucap Mamah Dedeh, dikutip dari Kanal YouTube MNCTV Official, Senin (27/6/2022).

Tertera dalam surah Al Hujurat, umat Islam dilarang mencari kesalahan orang lain. Ghibah atau bergunjing layaknya memakan daging bangkai saudara Anda sendiri.

“Lihat di surat Al Hujurat ayat 12, jangan cari-cari kesalahan orang lain apalagi sampai bergunjing satu sama lain. Emang mau sama seperti makan daging bangkai saudara sendiri? Pasti jijik,” tutur Ustadzah yang kini menjajaki usia 70 tahun tersebut.

Bergunjing hanya akan menambah dosa. Tidak ada keuntungan sama sekali yang didapatkan seseorang dari bergunjing.

Mamah Dedeh menjelaskan, pada zaman Nabi Muhammad pernah disebutkan bahwa orang paling rugi adalah yang menggunjing. Sebab, meski sudah meninggal rasa sakit hati orang lain akan tersisa dan menjadi dosa jariyah.

“Ada juga Nabi Muhammad pernah menyebutkan jika ada orang paling bangkrut nanti di akhirat. Bukanlah orang yang gak salat atau gak ibadah. Tapi dia yang sudah ibadah sejagat, umrah, haji hingga amalannya banyak tapi saat meninggal dunia, masih ada tetangga atau saudara yang bilang sakit hati karena ucapan atau tindakan,” tutur Mamah Dedeh.

Editor : Andre Purwanto