Israel Sebut Vaksin Pfizer Bisa Sebabkan Radang Jantung, Pria 16-30 Tahun Paling Rentan

Rizky Pradita Ananda
Kamis 03 Juni 2021 20:58 WIB
Kabar mengenai vaksin Covid-19 yang mengandung magnet dan microchip menyebar luas beberapa waktu lalu dipastikan Hoaks oleh Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Kemenkes Israel mengumumkan kemungkinan hubungan antara vaksin Pfizer dan radang jantung (miokarditis) yang terjadi di antara pria berusia 16 hingga 30 tahun.

"Ada beberapa kemungkinan hubungan kaitan mungkin antara dosis vaksin kedua dan timbulnya miokarditis di antara pria muda berusia 16 hingga 30 tahun. Kaitan ini ditemukan lebih kuat di antara kelompok usia yang lebih muda, 16-19 tahun, dibandingkan dengan kelompok usia lainnya,” bunyi pengumuman Kementerian Kesehatan Israel seperti dilansir Fox News, Kamis (3/6/2021) 

“Koneksinya jadi  semakin lemah di semakin tua usia individu yang divaksinasi. Dalam kebanyakan kasus, miokarditis berbentuk penyakit ringan yang berlalu dalam beberapa hari,” sambungnya.

Tiga tim ahli menyelidiki koneksi potensial antara vaksin Pfizer dengan kasus miokarditis dan temuan mereka telah diserahkan Kementerian Kesehatan Israel. Hasilnya, melibatkan 275 kasus miokarditis yang dilaporkan dari Desember hingga Mei 2021, sebanyak 148 kasus di antaranya disebutkan terjadi sekitar waktu vaksinasi.

Sekira 27 kasus muncul setelah penyuntikan dosis awal dan 121 kasus terjadi sekitar pemberian vaksin dosis kedua dengan latar belakang 5,4 juta orang yang divaksinasi.

 

1
/
2