Jabodetabek Migrasi ke Siaran TV Digital, Begini Kesiapan ASO secara Nasional

Tangguh Yudha
Jumat 23 September 2022 18:42 WIB
Jabodetabek Migrasi ke Siaran TV Digital, Begini Kesiapan ASO secara Nasional
Jabodetabek migrasi ke siaran TV Digital. (Foto: celebrities/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id  - Kebijakan analog switch off, atau migrasi siaran TV analog ke digital sudah memasuki masa penerapan.

Rosarita Niken Widiastuti, Staf Khusus Menteri Kominfo mengatakan kesiapan ASO secara nasional sampai dengan 2 November 2022  dilakukan di 112 Wilayah Layanan, meliputi 341 daerah administratif Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Saat ini 90 Wilayah Layanan sudah disiapkan infrastruktur multipleksing, sehingga masyarakat setempat sudah bisa beralih ke siaran televisi digital," tuturnya, Jumat (23/9/2022) 

"Kementerian Kominfo juga memantau jumlah Lembaga Penyiaran yang sudah melakukan migrasi ke siaran digital, atau simulcast yaitu 566 dari 693 pemegang izin siaran analog,” katanya.

Selanjutnya, untuk 22 Wilayah Layanan yang belum mendapat siaran digital, saat ini sedang dilakukan pembangunan multipleksing oleh LPP TVRI melalui pembiayaan negara. 

Dalam waktu dekat, masyarakat di daerah-daerah tersebut segera akan mendapatkan siaran digital. Menyusul kemudian ASO di 14 wilayah layanan lainnya.

Editor : Imantoko Kurniadi