Jadi Gunung Tertinggi di Dunia, Berikut 5 Fakta Menarik Mount Everest

Litbang MPI
Jumat 13 Mei 2022 22:18 WIB
Jadi Gunung Tertinggi di Dunia, Berikut 5 Fakta Menarik Mount Everest
Jadi gunung tertinggi di dunia, berikut 5 fakta menarik Mount Everest. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Gunung Everest menjadi gunung tertinggi di dunia yang terletak di perbatasan Nepal dan Daerah Otonomi Tibet di China. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 29.032 kaki atau 8.849 mdpl.

Karena Gunung Everest merupakan gunung tertinggi, banyak orang merasa tertantang untuk menaklukkannya. Di Indonesia, sudah tercatat lima pendaki yang berhasil mencapai puncak Everest. Kendati demikian, sejarah juga mencatat pernah ada pendaki yang tewas ketika ingin menaklukkannya.

Sebagai gunung tertinggi di dunia, pesona yang dimiliki Gunung Everest sering menarik perhatian banyak orang. Di balik pesonanya yang indah itu, terdapat beberapa fakta menarik Gunung Everest. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022), berikut ulasannya.

1. Disebut sebagai Sagarmatha atau Chomolungma

Gunung ini ditemukan di Pegunungan Himalaya dan merupakan gunung dengan puncak tertinggi. Gunung Everest diberi nama oleh orang Tibet sebagai Chomolungma yang memiliki arti “ibu dari bumi.” Sedangkan di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha, yang berarti “Dewa Langit".

2. Umur Gunung Everest

Mengenai umur gunung ini sebetulnya tidak ada yang tahu pasti, namun menurut beberapa penelitian dan para ahli, diperkirakan umur Everest sekitar 60 juta tahun. Pembentukan gunung ini ketika terjadi tumbukan lempeng Eurasia dan Lempeng India.

Pada 1924, Noel Odell menjadi orang pertama yang menemukan fosil laut di Gunung Everest. Hal ini kemudian meyakinkan fakta bahwa gunung tersebut sebetulnya berada di bawah laut sebelum tumpukan lempeng Eurasia dan India. Batu pasir dan batu gamping di puncak diperkirakan pula sebagai batuan sedimen bawah laut yang umurnya sudah mencapai 450 juta tahun. Namun para ahli geologi mempertimbangkan bahwa gunung ini sudah berusia 60 juta tahun saat Himalaya terbentuk.

 

1
/
2