Jadwal Puasa Asyura dan Tasua 2022 1444 Hijriah

Iqbal Widiarko
Sabtu 06 Agustus 2022 15:34 WIB
Jadwal Puasa Asyura dan Tasua 2022 1444 Hijriah
Jadwal Puasa Asyura dan Tasua. (celebrities.id/Shutterstock)

JAKARTA, celebrities.id - Jadwal puasa Asyura dan Tasu'a 2022 bulan Muharram jatuh pada awal Agustus. Puasa sunnah ini adalah sebuah ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan Rasulullah SAW.

Setiap umat Islam dapat berpuasa pada hari itu apabila dia mau atau boleh juga tidak berpuasa, apabila dirinya mau. Rasulullah SAW sendiri biasa berpuasa pada hari Asyura bahkan setelah melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Salah satu keutamaan menjalankan puasa sunnah di bulan Muharram adalah dapat menghapus dosa satu tahun sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang berbunyi: “Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ’Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Beliau bersabda : ”Bisa menghapus (dosa-dosa kecil) satu tahun yang lewat. (HR. Muslim).

Dilansir dari berbagai sumber, Celebrities.id, Sabtu (6/8/2022) telah merangkum jadwal puasa Asyura dan Tasu'a, sebagai berikut.

Jadwal Puasa Asyura dan Tasu'a

Jadwal Puasa Asyura (h3)

Puasa Asyura yakni puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Tahun 2022 ini, puasa Asyura bertepatan pada hari Senin, 8 Agustus 2022.

Jadwal Puasa Tasua 

Puasa Tasu'a yakni puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW dan dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram sehari sebelum puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Tahun ini, puasa Tasu'a bertepatan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022.

 

1
/
2