Jakarta Tambah Kamera ETLE, Bakal Ada di 70 Titik Terbaru 

Icon CameraMuhammad Refi Sandi
Rabu 25 Januari 2023 11:45 WIB
Jakarta Tambah Kamera ETLE, Bakal Ada di 70 Titik Terbaru 
Kamera ETLE di Jakarta bakal ditambah. (Foto: celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Kamera elektronik atau ETLE dinilai bermanfaat bagi pelanggar lalu lintas. Bahkan, 70 titik di Jakarta bakal dipersiapkan untuk menambah kamera ETLE.

Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta mendukung wacana perluasan 70 titik area tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) oleh Polda Metro Jaya.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, sejauh ini pemanfaatan teknologi untuk penegakan hukum memang sudah saatnya dilakukan. Terlebih Ditlantas Polda Metro Jaya sudah memiliki kajian khusus untuk menempatkan penambahan kamera di 70 titik.

“Melihat dari strategi yang sedang diupayakan untuk pengendalian lalu lintas bahwa ETLE sebagai upaya untuk penegakkan hukum atau law enforcement berbasis IT ini sangat kita dukung. Terlebih ketika kita melihat empat manfaat yang terkandung di dalamnya," kata Ismail di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, sedikitnya ada empat manfaat penggunaan ETLE sebagai metode tilang elektronik bagi pengguna jalan yang melanggar.

Pertama, tilang elektronik memudahkan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor yang semakin akurat di Jakarta. Kedua, efisiensi pengawasan di lapangan, ketiga, meminimalisasi paparan polusi terhadap petugas yang akan memperburuk kondisi kesehatan petugas untuk jangka waktu lama. 

Keempat, dengan diperluasnya area tilang elektronik, masyarakat akan semakin merasa terawasi selama 24 jam sehingga semakin menumbuhkan ketaatan pengguna jalan.

“Dengan cara itu masyarakat juga terdorong untuk beralih menggunakan kendaraan umum,” ucap Syafrin.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2