Jalur Selatan Jabar Dipadati Pemudik, Polisi Lakukan 5 Kali Pengalihan Arus di Nagreg

Agung Bakti Sarasa
Sabtu 30 April 2022 19:58 WIB
Jalur Selatan Jabar Dipadati Pemudik, Polisi Lakukan 5 Kali Pengalihan Arus di Nagreg
Jalur Selatan Jabar dipadati pemudik, polisi lakukan 5 kali pengalihan arus di Nagreg. (Foto:celebrities.idMPI Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, celebrities.id - Arus kendaraan pemudik yang melintas di jalur selatan Jawa Barat masih cukup ramai. Akibatnya, kepadatan lalu lintas pun tak terelakan. Salah satu spot kepadatan terjadi di kawasan Limbangan hingga Malangbong, Kabupaten Garut, Sabtu (30/4/2022).

Guna menekan kepadatan kendaraan di kawasan tersebut, polisi pun terpaksa memberlakukan pengalihan arus. Bahkan, hingga menjelang waktu berbuka puasa, polisi sudah lima kali mengalihkan arus kendaraan pemudik dari arah Bandung ke jalur Leles-Kadungora di Cagak Nagreg, Kabupaten Bandung.

Pantauan di lapangan, mulai dari kawasan Cileunyi hingga Nagreg, arus kendaraan pemudik awalnya terbilang ramai lancar. Kepadatan kendaraan hanya terpantau di beberapa titik saja, seperti di depan pabrik PT Kahatex dan persimpangan Cicalengka-Parakanmuncang.

Bahkan, di jalur Bypass Cicalengka, kendaraan sempat dapat melaju kencang. Namun, memasuki kawasan Nagreg, arus kendaraan kembali tersendat akibat banyaknya pengendara yang menepikan kendaraannya untuk beristirahat dan imbas pemberlakuan pengalihan arus di Cagak Nagreg.

Kapolsek Nagreg, AKP Hima Rawalasi Pratama mengakui, pada H-2 Lebaran ini, arus kendaraan pemudik masih cukup deras. Bahkan, tingginya volume lalu lintas mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Limbangan hingga Malangbong.

"Kami alihkan arus kendaraan dari arah Bandung ke Kadungora mengingat beban Limbangan sudah terlalu berat," kata Hima di Pos Pelayanan Cikaledong, Nagreg, Kabupaten Bandung.

Diketahui, jalur Nagreg sendiri terbelah menjadi dua arah, yakni arah Kadungora dan Limbangan di Cagak Nagreg. Titik tersebut menjadi lokasi pengalihan arus jika jalur Limbangan hingga Malangbong sudah padat. Hima menjelaskan, pengalihan arus dilakukan secara situasional berdasarkan kondisi lalu lintas di Limbangan dan Malangbong.

"Pada H-2 Lebaran ini, kepadatan (di jalur Limbangan hingga Malangbong) terjadi sejak pagi. Namun, kondisinya fluktuatif mulai dari lancar, kemudian padat kembali. Adapun pengalihan arus sudah dilakukan hingga lima kali," katanya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra