Jalur Wisata Gunungkidul Dipadati Kendaraan, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

Erfan Erlin
Minggu 15 Mei 2022 14:39 WIB
Jalur Wisata Gunungkidul Dipadati Kendaraan, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan
Jalur wisata Gunungkidul dipadati kendaraan. (celebrities.id/Chef Kecil)

JAKARTA, celebrities.id - Arus lalu lintas menuju kawasan obyek wisata Gunungkidul mengalami peningkatan luar biasa, bahkan diklaim lebih ramai dibanding libur Lebaran kemarin. 

Nampaknya, libur panjang dalam rangka perayaan Waisak kali ini dimanfaatkan warga untuk kembali berlibur.  

Kanit Lalu Lintas Polsek Piyungan, AKP Budi Hariyanto mengakui adanya lonjakan arus kendaraan menuju ke Kabupaten Gunungkidul. 

Kenaikan luar biasa volume kendaraan terjadi di ruas jalan Jogja-Wonosari dan Prambanan Piyungan sejak Sabtu (14/5/2022).

Menurut Budi, kenaikan volume kendaraan menuju ke Gunungkidul yang melalui simpang tiga Piyungan mengalami kenaikan dan mengalami lonjakan signifikan pada Minggu (15/5/2022).

"Betul, terjadi peningkatan arus lalin dari arah Prambanan  dan juga Kota Yogyakarta menuju Wonosari (Gunungkidul). Kendaraan didominasi dari plat luar daerah," ujar Budi, Minggu.

Akibatnya terjadi antrian cukup panjang di lampu merah pertigaan Piyungan. Antrian di Jalan Prambanan-Piyungan atau kendaraan dari arah Prambanan mengular sampai perempatan Munggur atau depan Balai Kalurahan Srimartan

Di jalan Jogja-Wonosari antrian kendaraan dari arah kota Yogyakarta menuju ke Gunungkidul bahkan sampai ke SPBU payak yang berjarak dua kilometer dari pertigaan Piyungan. Petugas pun terpaksa memasang water barrier yang diikat dengan tali agar tidak ada yang berbelok atau putar balik.

"Oleh karena itu petugas lantas melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus," tuturnya.

Untuk rekayasa lalu lintas mereka lakukan pengaturan secara manual. Lampu APILL tidak mereka fungsikan karena pengaturan arus lalu lintas dilakukan oleh beberapa petugas. Sehingga keputusan untuk membolehkan kendaraan langsung melintas di pertigaan Piyungan sepenuhnya di tangan petugas.

 

1
/
2