James Gunn Tak Hadirkan Joker di The Suicide Squad, Pilih Munculkan Tokoh DC Kurang Dikenal

Andaru Danurdana
Minggu 28 November 2021 15:32 WIB
James Gunn Tak Hadirkan Joker di The Suicide Squad, Pilih Munculkan Tokoh DC Kurang Dikenal
James Gunn Tak Hadirkan Joker di The Suicide Squad, Pilih Munculkan Tokoh DC Kurang Dikenal. (Foto: celebrities.id/IGscreenrant)

JAKARTA, celebrities.id - Pada September lalu, sutradara James Gunn sukses merilis film The Suicide Squad, yang kini dianggap sebagai film superhero modern terbaik. 

Mengangkat kisah DC yang sulit dipisahkan dari tokoh Joker, James Gunn mengaku enggan melibatkan sang badut kriminal demi memberi kesempatan pada karakter lain.

Di 2016, sutradara David Ayer sempat merilis film Suicide Squad yang menampilkan tokoh Joker, diperankan oleh Jared Leto. Sayang, penampilannya dianggap terlalu kontroversial oleh fans sehingga dia tak lagi muncul di proyek-proyek DC selanjutnya.

Lalu, pada September lalu, James Gunn merilis sebuah sekuel sekaligus reboot dari film yang sama dengan judul The Suicide Squad. 

Bedanya, kali ini tokoh Joker turut absen seperti film-film DC sebelumnya, dan James Gunn beralasan ingin menampilkan tokoh DC yang belum punya kesempatan sebanyak Joker.

“Ada banyak tokoh DC yang sangat ingin kuangkat ke layar lebar. Joker bukan salah satunya,” ucap James dilansir dari ScreenRant, Minggu (28/11/2021). 

“Dia sudah berkali-kali muncul dalam berbagai bentuk, dan aku lebih tertarik menggarap tokoh-tokoh yang belum punya kesempatan,” tuturnya.

Semenjak debut sebagai rival abadi Batman di 1940 silam, tokoh Joker telah mengalami banyak sekali perubahan dalam berbagai judul komik dan film. 

Sudah sempat diperankan oleh Cesar Romero, Jack Nicholson, Heath Ledger hingga Joaquin Phoenix, tentunya James Gunn sudah tak punya nafsu lagi untuk menampilkan Joker dalam filmnya.

Nyatanya, meski tanpa Joker, film The Suicide Squad tetap berhasil menyalip jauh pendahulunya di box office. Bahkan, kini The Suicide Squad berhasil dianggap sebagai film superhero terbaik di tahun ini, membuktikan bahwa Joker bukanlah ‘bumbu’ serbabisa untuk semua film DC.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi