Jangan Abai, Inilah Pentingnya Menjaga Kebersihan Menstruasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Jumat 28 Mei 2021 10:12 WIB
Jangan abaikan menstruasi yang datang setiap bulannya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh tiap 28 Mei 2021, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI) serta Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia.

Webinar ini bertujuan meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selain itu, webinar ini juga mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan bahwa menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami Menarke (menstruasi untuk pertama kalinya).

“Oleh sebab itu,  pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman,” ujar dr Dwi, dalam webinar  ‘Sehat dan Bersih Selama Menstruasi dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi’, Kamis 27 Mei 2021.

 

1
/
2