Jangan Anggap Remeh Asap Putih pada Knalpot, Ini Penyebab Utamanya

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Sabtu 14 Januari 2023 18:48 WIB
Jangan Anggap Remeh Asap Putih pada Knalpot, Ini Penyebab Utamanya
Jangan Anggap Remeh Asap Putih pada Knalpot, Ini Penyebab Utamanya. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Pemilik kendaraan bermotor wajib mengetahui penyebab keluarnya asap putih dari knalpot saat mobil baru pertama kali dinyalakan.

Sebagian pemilik menilai hal tersebut wajar karena akan hilang dalam beberapa saat. Namun jika kondisi tersebut sering terjadi, maka pemilik kendaraan wajib waspada. Apabila asap putih yang muncul dibarengi dengan bau tertentu, biasanya ini terjadi karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

Oleh karena itu, asap yang keluar membuat mata sangat pedih ketika berada di belakang kendaraan tersebut. Jika sudah terjadi, maka pemilik mobil perlu mengetahui penyebabnya agar bisa ditangani dengan tepat.

Merangkum dari Auto2000, Sabtu (14/1/2023) berikut delapan penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih.

1. Komponen sistem pembuangan sudah aus

Salah satu penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih yaitu komponen pada sistem pembuangan yang sudah aus. Saat sistem pembuangan mengalami kerusakan, maka gas buang yang seharusnya terbuang tidak keluar dengan sempurna dan terhirup kembali ke dalam mobil. Ini dapat menimbulkan asap yang terasa pedih di mata dan bau menyengat di dalam kabin mobil.

2. Kerusakan sistem bahan bakar

Saat terjadi kerusakan pada sistem bahan bakar, kandungan yang terdapat pada bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Kandungan dari bahan bakar yang tidak melalui pembakaran sempurna akan keluar melalui pembuangan bersamaan dengan asap putih dan akan pedih jika terkena mata.

3. Pemakaian oli tidak sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan tidak dianjurkan oleh produsen mobil dapat menyebabkan kurang maksimalnya kinerja sistem pembakaran mobil. Oli yang tidak sesuai ini dapat mengakibatkan terjadinya kontaminasi pada sistem pembuangan, hasilnya menyebabkan asap putih.

4. Modifikasi setingan pembakaran yang kurang pas

Engine Control Unit (ECU) sebenarnya sudah mengatur cara sistem pembakaran, termasuk mengatur perbandingan akuran bahan bakar dan udara. Modifikasi yang dilakukan, khususnya pada ECU, akan membuat perbandingan bahan bakar dan udara tidak normal. Ini mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan mobil mengeluarkan asap putih.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2