Jangan Digaruk! Lesi Cacar Monyet Berpotensi Tulari Orang Lain

Muhammad Sukardi
Jumat 05 Agustus 2022 17:46 WIB
Jangan Digaruk! Lesi Cacar Monyet Berpotensi Tulari Orang Lain
Pasien cacar monyet diimbau untuk tidak menggaruk lesi di kulitnya karena memicu penyebaran virus lebih luas. (Ilustrasi: Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Pasien cacar monyet diimbau untuk tidak menggaruk lesi di kulitnya. Sebab, tindakan tersebut memicu penyebaran virus lebih luas, baik pada tubuh pasien sendiri maupun ke orang lain.

"Ya, bisa. Menggaruk cacar monyet bisa menyebarkan virus ke lokasi tubuh lainnya. Misal, menggaruk cacar yang ada di muka, lalu pasien memegang area tubuhnya yang lain, itu memicu lokasi baru cacar monyet di tubuhnya," kata Ketua Satgas Monkeypox PB IDI dr Hanny Nilasari, SpKK, saat konferensi pers virtual, Jumat (5/8/2022).

Karena ada potensi penyebaran lewat garukan tangan langsung ke cacar, sangat direkomendasikan untuk pasien cacar monyet menjaga kebersihan tubuhnya. Ini bukan hanya demi keselamatan orang lain, tapi juga diri pasien itu sendiri.

Perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu kunci terpenting dalam upaya mencegah cacar monyet. Dengan memastikan tangan selalu bersih, ini meminimalisir penyebaran virus monkeypox ke orang lain.

 

1
/
2