Jangan Pasang CCTV di Spot Rumah Ini, Salah Satunya Tempat yang Sulit Terlihat

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Jumat 25 November 2022 14:59 WIB
Jangan Pasang CCTV di Spot Rumah Ini, Salah Satunya Tempat yang Sulit Terlihat
Jangan pasang CCTV di spot rumah ini. (celebrities.id/bp-guide.id)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus pembobolan rumah marak terjadi beberapa waktu belakangan ini. Demi meminimalisir hal ini, biasanya pemilik rumah akan memasang closed circuit television atau biasa disebut CCTV.

Tapi tidak jarang pemasangan CCTV tidak dilakukan pada titik yang tepat. Sehingga sering kali tidak efektif atau bahkan bisa dibilang sia-sia. Nah, berikut ini beberapa titik yang patut dihindari jika ingin memasang CCTV.

Memasang CCTV di tempat yang sulit terlihat

Sebenarnya masuk akal memasang CCTV di tempat yang sulit dilihat oleh orang, tapi nyatanya ini juga akan menyulitkan kita untuk memantau setiap pergerakan. Sebagian besar pencuri memasuki rumah melalui jalur yang paling jelas.

Menurut data perusahaan keamanan ADT, 34 persen pencuri masuk melalui pintu depan dan 22 persen menggunakan jendela lantai satu. Mengarahkan kamera ke ruang-ruang ini dapat mencegah potensi pembobolan dan dapat memudahkan identifikasi maling.

Berbeda ketika menempatkannya di gang atau belakang rumah, mungkin akan menangkap seseorang yang ingin menyelinap, tetapi kemungkinan besar akan melewatkan tindakan momen saat orang tersebut benar-bensr menyelinap.

Memasang CCTV di lokasi yang terhalang

Telitilah ketika memasang CCTV di luar rumah. Pastikan jangkauan pandang kamera aman dari segala macam benda yang menghalangi, misalnya dari dahan pohon. Pastikan ketika angin berembus, dahan pohon yang bergoyang tidak menghalangi pandangan.

Selain itu juga hindari memasang CCTV di dekat tiang bendera mengingat posisi bendera juga gampang sekali berubah. Temukan tempat yang bersih dari halangan dan memiliki pemandangan bagus ke ruang yang ingin diawasi.

 

1
/
2