Jangan Salah Paham! Ini Tujuan Aturan Lepas Masker

Kevi Laras
Sabtu 28 Mei 2022 14:42 WIB
Jangan Salah Paham! Ini Tujuan Aturan Lepas Masker
Ini tujuan aturan melepas masker di Outdoor. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pelonggaran aturan Covid-19 di Indonesia, pemerintah kini sudah memperbolehkan melepas masker. Namun, masih banyak disalahartikan oleh masyarakat pelonggaran tersebut.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan aturan melepas masker merupakan pelonggaran, untuk di ruang terbuka atau tidak ada kerumunan. Di mana menggunakan masker, tetap wajib dilakukan di area tertentu, seperti di transportasi umum,dll.

"Jangan disalahartikan adanya pelonggaran lepas masker jadi bebas beraktivitas tanpa menggunakan masker. Bukan berarti juga dianjurkan tidak menggunakan masker," ujar dr Reisa dalam siaran sehat di YouTube RRI Net Official, dikutip Sabtu (28/5/2022)

Lebih lanjut, dia menjelaskan lepas masker tidak dianjurkan saat berada di dalam ruangan. Juga khusus bagi mereka yang sedang sakit atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid. Dia menegaskan jika lepas masker juga tidak disarankan bagi mereka usia lanjut usia (lansia). 

"Jadi tetap wajib loh menggunakan masker khususnya di ruangan yang tertutup. atau kita di area transportasi publik. Tetapi juga penggunaan masker tetap wajib bagi mereka yang rentan seperti lansia, orang sakit dan yang memiliki komorbid," ucapnya. 

 

1
/
2