Jangan Sembarang Ajak Anak Nonton Bioskop, LSF Sarankan Orangtua Punya Literasi Nonton Sesuai Klasifikasi Usia

Novie Fauziah
Kamis 28 Juli 2022 23:51 WIB
Jangan Sembarang Ajak Anak Nonton Bioskop, LSF Sarankan Orangtua Punya Literasi Nonton Sesuai Klasifikasi Usia
LSF minta orangtua tidak sembarang ajak anak nonton bioskop. (Foto: MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Lembaga Sensor Film (LSF) meminta orangtua untuk tidak sembarangan mengajak anak nonton bioskop. Hal itu diungkap Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto. 

Dia mengatakan, saat ini tantangan yang dihadapinya yaitu bagaimana mengedukasi masyarakat, khususnya orangtua untuk bisa memiliki literasi untuk menonton film sesuai dengan klasifikasi usianya.

Dia melanjutkan, terlebih mengingatkan anak-anak agar tidak ikut apalagi memaksa menonton film di bioskop khusus dewasa. Hal ini bisa menimbulkan persepsi antara pihak bioskop dan penonton.

Rommy menjelaskan, bahwa Indonesia telah menetapkan standar bahwa sebelum memesan tiket, petugas akan menanyakan kepada calon penonton. Apakah anak yang dibawa sudah memenuhi kriteria usia, sehingga dapat ikut menonton film bersama orangtuanya.

"Itu sudah dari dulu, kami mengawasi batasan usia anak-anak saat akan menonton ke bioskop," katanya dalam konferensi pers Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri, di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Rommy mengatakan, begitu pula dengan pembelian tiket secara online menggunakan aplikasi. Di dalamnya sudah diberi imbauan, agar pemesan bisa menyesuaikan batasan usia. Serta tidak membiarkan anak-anak di bawah umur menonton film dewasa.

"Diharapkan masyarakat bisa tahu betapa pentingnya budaya sensor mandiri, dan membuat mereka menjadi peduli dan responsif," katanya.

Semenatara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menambahkan, diperlukan adanya regulasi yang tegas terkait penindakan untuk para calon penonton yang nakal atau melanggar peraturan yang sudah diberlakukan.

"Diharapkan semua bisa beritikad baik, dan punya kesadaran budaya sensor mandiri," ucapnya.

Editor : Hadits Abdillah