Jangan Sembarangan Lakukan Waxing Wajah, Ini Dampak yang Perlu Diwaspadai

KlikDokter
Kamis 28 April 2022 18:30 WIB
Jangan Sembarangan Lakukan Waxing Wajah, Ini Dampak yang Perlu Diwaspadai
Jangan sembarangan lakukan waxing wajah, ini dampak yang perlu diwaspadai. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Waxing menjadi salah satu alternatif hair removal yang tersedia di dunia. Waxing ideal digunakan pada wajah jika ingin menghilangkan rambut di dalam jumlah besar pada area tersebut.

Cara waxing wajah pada dasarnya mirip dengan teknik pencabutan rambut di area tubuh lainnya. Lilin khusus yang telah dicairkan akan dioleskan pada area ingin dicabut rambutnya sebelum ditutup dengan kain. Setelah mengering, kain akan ditarik melawan arah tumbuhnya rambut.

Meski terbilang efektif, waxing wajah juga memiliki efek samping yang perlu dipertimbangkan. Apa sajakah bahaya waxing wajah?

Dampak Waxing Wajah yang Perlu Diwaspadai

Menurut dr. Atika, Waxing wajah aman dilakukan asal dilakukan dengan higienis dan menggunakan bahan wax yang tidak memicu alergi pada penggunanya.

Ketika tidak dilakukan dengan benar, masalah pada kulit pun akan muncul. Berikut di antaranya:

1. Kulit Wajah Menjadi Kemerahan

Semua jenis waxing, baik untuk bagian tubuh tertentu maupun pada wajah, akan menimbulkan rasa sakit yang tidak dapat dihindarkan. Selain nyeri, pencabutan rambut di wajah juga dapat menyebabkan kemerahan ringan dan iritasi sementara.

Kulit pun menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Ini akan mengganggu ketika Anda mengaplikasikan produk kulit, terutama yang mengandung alkohol.  Untuk mengatasi kemerahan, Anda bisa melakukan kompres dingin.

2. Ingrown Hair

Salah satu efek samping waxing di wajah adalah ingrown hair, yaitu rambut yang tumbuh ke dalam. Dokter Atika mengatakan, “Ingrown hair bisa saja terjadi pada saat waxing wajah dan tidak dapat dihindarkan.”

Salah satu cara untuk menghindari kondisi tersebut, menurut dr. Atika, adalah dengan menunggu hingga lilin mengering sempurna. Kemudian, pastikan punya menarik kain ke arah yang berlawanan dengan tumbuhnya rambut.

 

1
/
3