Jangan Tertipu, Ini 4 Cara Membedakan Bensin Asli dan Oplosan

Bertold Ananda
Kamis 13 Januari 2022 13:05 WIB
Jangan Tertipu, Ini 4 Cara Membedakan Bensin Asli dan Oplosan
Menggunakan bensin oplosan atau bahan bakar berkualitas rendah sangat berbahaya bagi mesin kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Menggunakan bensin oplosan atau bahan bakar berkualitas rendah sangat berbahaya bagi mesin kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. 

Sebab, bensin oplosan dapat merusak komponen kendaraan Anda. Dampak pertama yang dirasakan adalah kerusakan pada mesin. Alhasil, kendaraan harus turun mesin .

Nah, buat kamu yang belum tahu tentang perbedaan kualitas bahan bakar, berikut ini ulasan mengenai membedakan bensin asli dengan bensin oplosan sebagaimana dikutip dari Wahana Honda, Kamis (13/1/2021).

1. Celupkan tangan ke dalam bensin

Cara pertama dan sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencoba mencelupkan tangan ke dalam bensin. Jika dicelupkan ke tangan Anda merasakan dingin dan cepat mengering, maka itu pertanda bahwa bensin tersebut murni.

Sebaliknya apabila tangan bensin ditangan Anda tidak cepat mengering maka kemungkinan besar bensin itu telah dioplos. Memang terkesan aneh namun cara ini cukup membuka pikiran Anda. 

Mengapa begitu? Sebab sifat bensin pada dasarnya merupakan benda cair yang dapat menguap. Jika tangan cepat mengering maka bensin itu menguap dan menandakan itu BBM asli.
 
2. Memperhatikan detail warna

Cara yang kedua yang dapat Anda lakukan untuk membedakan bensin murni dan KW yaitu dengan memperhatikan detail warna. Caranya siapkan 2 botol kemasan lalu isilah itu dengan bensin eceran dan bensin dari SPBU.

 

1
/
2