Janin Aurel Hermansyah Kecil, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Kandungan

Muhammad Sukardi
Rabu 12 Mei 2021 10:37 WIB
Janin Aurel kecil. (Foto: celebrities.id/Instagram @aurelie.hermansyah)

JAKARTA, celebrities.id - Aurel Hermansyah hamil dan kini sudah memasuki usia kandungan sekitar lima minggu. Namun di tengah kabar menggembirakan itu, ada sedikit kabar tak mengenakan, di mana janin Aurel kecil. Hal ini diketahui saat Aurel dan Atta memeriksakan kandungan ke dokter.

Kondisi tersebut membuat Aurel sedih bukan main. Dia cukup khawatir dengan jabang bayi anak pertamanya tersebut. Tapi, sebetulnya apakah usia lima minggu sudah bisa melihat ukuran janin? Lalu, apakah arti dari janin kecil itu sendiri?

Diungkapkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur, dr. Nina Martini Somad, SpOG, hamil lima minggu itu biasanya baru terlihat gestational sac (kantong kehamilan).

"Pada beberapa kasus, usia kandungan lima minggu bisa juga terlihat yolk sac (kantong kuning) yang berada di dalam kantong kehamilan yang merupakan struktur membran yang berfungsi sebagai sirkulasi embrio. Kadang, bisa juga terlihat embrio sekitar tiga milimeter," kata dr. Nina pada MNC Portal Indonesia lewat pesan singkat, Rabu (12/5/2021).

Soal janin kecil, sambung dr. Nina, itu artinya janin lebih kecil dari ukuran standar. Ya, dalam proses pertumbuhan janin di dalam rahim, setiap minggunya memiliki ukuran normal dan biasanya ini mulai terbaca setelah usia kandungan memasuki lima minggu.

"Tapi, janin baru bisa terlihat jelas itu di usia kandungan enam bulan. Jadi, kalau masih lima minggu itu, ya, kadang terlihat, kadang belum jelas. Masih wajar sekali jika dikatakan kecil," tuturnya.

Dokter Nina secara khusus memberi pesan kepada Aurel Hermansyah yang cukup takut dengan status janin kecilnya.

"Jangan panik. Tanyakan dengan tuntas kepada dokter yang memeriksa, apa masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya. Tenang, janin kecil itu ada solusinya selagi masalahnya diketahui dengan jelas," ucapnya.

Editor : Endang Oktaviyanti