JAPPDI Sebut Belum Ada Kenaikan Harga Daging Sapi akibat Wabah PMK

Heri Purnomo
Kamis 12 Mei 2022 23:55 WIB
JAPPDI Sebut Belum Ada Kenaikan Harga Daging Sapi akibat Wabah PMK
JAPPDI sebut belum ada kenaikan harga daging sapi akibat wabah PMK. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ketua Umum Jaringan Pemotongan dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI), Asnawi mengatakan tidak ada perubahan harga daging sapi potong di Jabodetabek akibat adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyeng hewan ternak.

"Untuk saat ini harga daging sapi tidak terjadi kenaikan, melainkan mengalami penurunan harga atau menyesuaikan kembali ke titik sebelum Ramadhan," ujar Asnawi kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (12/5/2022).
 
Asnawi menjelaskan harga daging sapi potong di wilayah Jabodetabek berada di harga terendah yakni Rp130 ribu per kilogram.

"Untuk harga daging medium berada di harga Rp140 ribu sampai Rp150 ribu per kilogramnya, sedangkan untuk harga daging jenis Has dalam dan Has Luar berada di harga Rp160 ribu per kilogramnya," tuturnya.

Kementrian Pertanian menjelaskan bahwa PMK adalah salah satu wabah penyakit yang penyebarannya sangat cepat. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan penyebaran virus ini bisa melalui udara maupun tertular melalui kontak langsung.

Kasus PMK yang menyerang hewan ternak pertama kali ditemukan di Gresik, Jawa Timur pada 28 April 2022 dan telah meluas di wilayah Jawa Timur. Kementerian Pertanian per 5 Mei 2022 melaporkan ada sebanyak 1.296 ekor sapi terjangkit PMK di Kabupaten Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, serta Gresik.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra