Jelang Pergantian Tahun, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam

Novie Fauziah
Jumat 31 Desember 2021 21:17 WIB
Jelang Pergantian Tahun, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam
Malam pergantian tahun dilakukan dengan cara beragam oleh banyak banyak orang. Umat Islam pun bisa melakukan sejumlah amalan, (Foto: celebrities.id/ Multimedia).

JAKARTA, celebrities.id – Malam pergantian tahun dilakukan dengan cara beragam oleh banyak banyak orang. Biasanya merayakannya dengan berpesta-pora. Namun, umat Islam bisa melakukan hal positif yang bermanfaat, seperti melakukan amalan-amalan yang disunnahkan. Apa saja?

Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia Ustadz Mahfud Said mengatakan, sebenarnya tidak ada amalan khusus untuk tahun baru Masehi. Namun, bisa diiringi dengan doa-doa terbaik untuk menghadapi tahun berikutnya.

"Untuk tahun baru Masehi, belum saya temukan hadist yang menjelaskannya. Karena memang Islam memiliki tahun Hijriyah. Jadi tidak ada doa khusus. Namun perlu di ketahui, bahwa setiap momen seharusnya seorang Mukmin harus senantiasa berdoa dan minta pertolongan kepada Allah SWT. Dan tidak lupa bersyukur atas segala nikmat," ujarnya kepada MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Ustadz Mahfud Said mengatakan dalam menyambut tahun baru, umat Islam bisa melakukan beberapa salat sunah, di antaranya salat syukur, salat hajat, tahajud, tobat dan lainnya.

"Tapi kalau melakukannya dengan niat salat syukur maka menjadi amal kebaikan. Tapi dengan niat minta kita butuh pertongan Allah SWT. Bukan karena tahun baru," katanya.

 

1
/
2