Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Paksakan Diri Salat di Masjidil Haram, Kenapa?

Widya Michella
Selasa 21 Juni 2022 13:54 WIB
Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Paksakan Diri Salat di Masjidil Haram, Kenapa?
Jemaah Haji Indonesia diminta jangan paksakan diri ke Masjidil Haram. (Foto: Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin meminta agar jemaah gelombang kedua untuk tidak memaksakan diri melakukan salat di Masjidil Haram

Hal ini sebagai tindak lanjut atas 164 laporan kasus atau masalah yang ditangani PPIH sektor khusus Masjidil Haram, yang mayoritas disebabkan jemaah kelelahan yang berlebih. Akibatnya, mereka terpisah dari rombongan, sakit dan bahkan tidak dapat melaksanakan ibadah sebagaimana mestinya. 

"Pemerintah benar-benar menekankan akan pentingnya menjaga kesehatan agar pada waktunya wukuf nanti seluruh jemaah haji Indonesia dapat melaksanakan dengan sehat hikmat dan tertib," kata Fauzin dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Selasa (21/06/2022). 

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah kata Fauzin telah menyediakan fasilitas ibadah atau mushola di tempat akomodasi maktab atau hotel jamaah haji di wilayah Mekkah. Dengan demikian Jemaah diimbau untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

"Jemaah tidak harus memaksakan diri untuk selalu salat di Masjidil Haram. Hal ini penting agar jemaah dapat menjaga waktu istirahat dengan cukup mengingat pelaksanaan wukuf masih lama," tuturnya. 

 

1
/
2