Jemaah Haji Indonesia Diminta Tetap Gunakan Masker di Arab Saudi, Ini Penjelasan dari Dokter Spesialis Paru

Kevi Laras
Minggu 19 Juni 2022 08:41 WIB
Jemaah Haji Indonesia Diminta Tetap Gunakan Masker di Arab Saudi, Ini Penjelasan dari Dokter Spesialis Paru
Jemaah Haji Indonesia diminta Gunakan masker di Arab Saudi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Jemaah Haji Indonesia diimbau agar tetap menggunakan masker, mengingat kasus Covid-19 mengalami kenaikan di sejumlah negara gegara kehadiran varian Omicron terbaru BA.4 dan BA.5. Dokter spesialis paru, dr Andi Yanti, PPIH Arab Saudi, mengingatkan bagaimana penggunaan masker yang benar. 

Hal tersebut diungkapkan untuk bentuk upaya dan ikhtiar para Jemaah terhindar dari berbagai virus, selama melakukan ibadah Haji

"Gunakan masker dengan baik dan benar, masker harus menutupi pangkal hidung dan seluruh mulut. Serta jika terkena cairan, segera diganti karena membran masker bisa tidak berfungsi dengan baik lagi," tutur dr Andi Yanti, Minggu (19/6/2022).

Langkah kedua dalam upaya pencegahan terinfeksi virus atau penularan. Andi mengatakan agar para Jemaah Indonesia selalu rajin mencuci tangan. Apabila menyentuh barang di tempat umum, maka tangan harus segera dibersihkan.

Sementara penggunaan masker sebagai perisai awal, dia mengingatkan untuk selalu mengganti masker. Diganti bila masker sudah kotor atau sekitar 6-8 jam sekali. 

"Di samping itu diharapkan penggantian masker secara berkala minimal 6-8 jam atau jika dirasa sudah kotor,” katanya.

 

1
/
2