Jenis Behel Gigi untuk Anak, dari Konvensional hingga Transparan

Ratu Syra Quirinno
Senin 20 Juni 2022 19:08 WIB
Jenis Behel Gigi untuk Anak, dari Konvensional hingga Transparan
Jenis behel gigi. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Ada banyak jenis behel gigi untuk anak yang bisa dipilih. Jenis behel ini dikondisikan dengan kebutuhan sang anak, salah satu fungsinya adalah untuk merapikan gigi.

Penasaran dengan jenis behel gigi untuk anak? Merangkum dari berbagai sumber, Senin (20/19/2022), berikut behel untuk memperbaiki gigi pada anak:

Jenis Behel Gigi

1. Behel konvensional

Behel konvensional terbuat dari bahan logam baja berkualitas tinggi. Terdapat penahan karet di bagian atas untuk menjaga kawat tetap pada posisinya. Karet penahan ini dapat diganti-ganti sesuai dengan warna kesukaan anak Anda.

2. Behel keramik

Jenis behel gigi untuk anak lainnya yaitu behel keramik. Behel ini terbuat dari keramik yang struktur dan warnanya menyerupai gigi. Kawat gigi keramik mempunyai bentuk yang tidak menonjol, namun biasanya memiliki ukuran lebih besar.

Selain itu behel keramik terbilang rapuh sehingga mengharuskan anak Anda lebih sering kontrol dan perawatan ke dokter gigi.

3. Behel self-ligating

Behel self-ligating menyerupai kawat gigi konvensional, namun tanpa penahan karet di bagian atasnya. Sebagai pengganti karet, klip logam mengunci kawat di bagian atas braket. Selain lebih nyaman, behel ini juga lebih mudah dibersihkan daripada behel konvensional.

Biasanya behel ini lebih cepat untuk merapikan gigi dibandingkan behel gigi yang biasanya, karena meskipun dengan tekanan yang rendah namun memiliki kekuatan yang maksimal.

 

1
/
2